Hukrim

Istri Bunuh Suami Dibantu Pria Selingkuhan, Usai Membunuh Keduanya Salat Berjemaah


Istri Bunuh Suami Dibantu Pria Selingkuhan, Usai Membunuh Keduanya Salat Berjemaah

Rekonstruksi pembunuhan bos wajan di Bantul, Kamis (22/4/2021). (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)

BANTUL, Pesisirnews.com - Reka adegan pembunuhan Budiantoro (38), bos wajan di Bantul, Provinsi DIY Yogyakarta, Kamis (22/4/2021) menampilkan dua pelaku pembunuhan, yakni istri korban, KI (30) dan karyawannya Nur Kholis (22).

Dilansir detikcom yang memantau jalannya rekonstruksi, terdapat 57 adegan rekonstruksi yang berlangsung di Mapolres Bantul.

Dalam rekonstruksi, tampak kedua pelaku tengah memperagakan adegan dari awal hingga eksekusi korban.

Diperagakan bagaimana eksekutor yakni Nur mengenakan baju tahanan dan tersangka dua yakni istri korban mengenakan hijab warna cokelat, baju lengan panjang dan celana panjang.

Dari rekonstruksi itu terungkap kedua pelaku sempat salat berjamaah usai menghabisi korban.

"Ada fakta baru, setelah membunuh kan mereka salat bareng dan segalanya itu nanti kita tambahkan dalam penyidikan," ujar Kasat Reskrim Polres Bantul AKP Ngadi saat ditemui di Polres Bantul, Jalan Jenderal Sudirman, Kapanewon Bantul, Kabupaten Bantul, hari ini.

Secara rinci, Ngadi menyebut setelah membungkus jasad korban dan menyimpannya ke gudang, kedua pelaku salat magrib berjamaah. Selanjutnya, KI membeli sate ayam keliling dan memakannya bersama Nur.

"Setelah salat berjamaah dan makan sate itu keduanya salat isya berjamaah dan baru melakukan rencana membuang jasad korban," ujarnya.

Selain itu dari rekonstruksi itu juga terungkap adanya perencanaan dalam pembunuhan tersebut. Tersangka mengaku perencanaan aksi itu dilakukan lewat pesan teks dan video call WhatsApp (WA).

"Selanjutnya Nur Kholis datang dengan menyelinap ke rumah korban. Setelah itu, sesuai rencana eksekusi dilakukan pada saat berhubungan intim, lalu istri korban memberi kode khusus kepada Nur lewat desahan," ujar Ngadi.

"Di situlah keduanya berhubungan intim dan istri korban beri kode ke Nur dan Nur keluar dari gudang lalu menjerat leher korban dari belakang," ujarnya.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar