International

Feri antar Pulau Terbakar di Lepas Pantai Pulau Basilan, 31 Orang Tewas


Feri antar Pulau Terbakar di Lepas Pantai Pulau Basilan, 31 Orang Tewas

Petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan feri yang terbakar pada Kamis dini hari, di lepas pantai pulau Basilan. (Reuters)

MANILA (Pesisirnews.com) - Kebakaran di feri penumpang antar pulau telah menyebabkan sedikitnya 31 orang tewas, pada Kamis dinihari. Di antara mereka yang meninggal terdapat bayi berusia enam bulan.

Pihak berwenang sedang mencoba mengidentifikasi penyebab kebakaran yang dimulai sekitar pukul 23:00 pada hari Rabu di lepas pantai Pulau Basilan, Filipina selatan. Saat kebakaran terjadi, sebagian besar penumpang sedang tidur di kabin ber-AC di dek bawah kapal feri.

"Awalnya ada 10 orang yang kami temukan, mereka meninggal karena tenggelam. Dan kemudian kami menemukan 18 lainnya di atas kapal, di kabin. Mereka terbakar habis," kata Commodore Rejard Marfe, kepala penjaga pantai di wilayah Mindanao selatan, kepada Reuters.

Gubernur Basilan kemudian memperbarui jumlah korban menjadi 31 orang.

"Awalnya kami mencatat 13 kematian, kemudian kami mencatat 18 kematian baru, jadi sekarang menjadi 31 kematian," kata Gubernur Basilan, Jim Salliman.

Jumlah penumpang tidak sepenuhnya jelas, tetapi para pejabat mengatakan feri tidak kelebihan muatan.

Penjaga pantai mengatakan total 230 orang termasuk 35 awak berhasil diselamatkan. Marfe menambahkan bahwa ada kekacauan di feri setelah kebakaran terjadi. Petugas pemadam kebakaran berhasil menguasai api pada Kamis dini hari.

Foto-foto yang dibagikan oleh Penjaga Pantai menunjukkan kapal MV Lady Mary Joy 3 benar-benar hangus.

"Saya pikir saya sedang bermimpi tetapi ketika saya membuka mata, hari sudah gelap dan kami dikelilingi asap," kata Mina Nani (46), seorang penyintas.

Dia bilang dia melompat dari kapal dan berbagi pelampung dengan penumpang lain sebelum mereka diselamatkan.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar