Kesehatan

IDI Kota Banjar Adakan Pembinaan ke Tingkat Pelajar, Cegah Perilaku Menyimpang

pesisirnews.com pesisirnews.com
IDI Kota Banjar Adakan Pembinaan ke Tingkat Pelajar, Cegah Perilaku Menyimpang

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Banjar, Jawa Barat, bersama Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Kota Banjar mengadakan sosialisasi dan penyuluhan pencegahan perilaku menyimpang (LGBT) kepada siswa-siswi sekolah di SMPN 1 Kota Banjar, Kamis (27/2/20).


Ketua IDI Kota Banjar dr. Fuad Hanif mengatakan, selain program pembinaan dan pengabdian masyarakat kegiatan penyuluhan tersebut juga untuk mencegah perilaku menyimpang di kalangan pelajar dan usia remaja.


Menurutnya, perubahan perilaku menyimpang pada seseorang itu bisa terjadi sejak mereka berusia dini setelah itu nantinya bisa berkembang menjadi korban dan kemungkinan menjadi predator dengan korbannya juga anak-anak.


"Kami dari IDI ingin memberikan penyuluhan kepada para pelajar baik tingkat SMP ataupun SMA apalagi sekarang banyak pengaruh media sosial," kata Fuad kepada awak media.


Dijelaskan Fuad, selain melanggar norma agama , perilaku menyimpang tersebut juga sangat berbahaya bagi kesehatan dan perkembangan seorang anak.


Untuk itu, perlu digalakan upaya pencegahan dengan memberikan wawasan, terlebih saat ini pengaruh lingkungan pergaulan dan berkembangnya media sosial sangat besar.


"Rencanannya ada beberapa sekolah yang akan kami kunjungi dan nantinya mereka diberikan edukasi serta pembinaan karakter," jelasnya.


Sementara itu Humas Kesiswaan SMPN 1 Banjar Erma Karyanti menyambut positif agenda tersebut, karena menurutnya anak-anak remaja masih tergolong rentan, keingintahuannya tinggi dan selalu ingin coba-coba.


Ia berharap melalui program pembinaan ini para peserta didik dapat memahami bahaya perilaku menyimpang dan tidak terjerumus pada perilaku negatif yang tidak diinginkan.


"Semoga dengan adanya pembinaan ini bisa menambah wawasan dan menguatkan karakter anak-anak peserta didik semakin baik," harapnya.(lies/Nier)

Penulis: Haikal