Kesehatan

Masih Di Anggap Makanan Murahan,Rupanya Rebung Banyak Mamfaatnya

Pesisirnews.com Pesisirnews.com
Masih Di Anggap Makanan Murahan,Rupanya Rebung Banyak Mamfaatnya

Via klik dokter.com

PESISIRNEWS.COM-Tanaman Bambu Di Indonesia banyak kita Jumpai di daerah Indonesia yang begitu subur selain batang nya banyak kegunaan nya dan rebungnya banyak di kosumsi oleh sebagian rakyat indonesia tapi sejauh ini banyak yang tidak tahu mamfaat untuk kesehatan kendati demikian bambu di sebut sebagai makanan murahan dari hutan.

Padahal, rebung sendiri memiliki kandungan gizi yang cukup beragam Lebih mengejutkannya lagi, rebung juga menjadi satu dari beberapa makanan yang dianggap mengandung zat anti kanker.


Melansir dari health.com, merupakan tunas bambu muda yang berasal dari hutan tradisional di China selama lebih dari 2.500 tahun lalu. Sejauh ini rebung sudah mulai dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.


Meski sempat dipandang sebelah mata, namun berkat tangan kreatif rebung bisa disulap menjadi makanan yang lezat. Menariknya lagi, tunas bambu tersebut ternyata juga kaya nutrisi, sehingga menjadikannya sebagai salah satu makanan kesehatan yang paling populer di dunia.


Menurut pakar kesehatan, rebung mengandung berbagai macam kandungan vitamin dan meniral yang bermanfaat bagi tubuh. Rebung juga diketahui memiliki kadar gula 2,5 persen lebih rendah dari sayuran lain sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.


Sebagai makanan alami, rebung diketahui bermanfaat dalam proses penurunan berat badan, karena kandungan kalori, karbohidrat, gula, serta lemak yang cukup rendah. Tak heran kalau rebung kerap dipilah menjadi makanan ideal untuk orang-orang yang tengah melakukan diet.


Kandungan berbagai macam vitamin, mineral, dan antioksidannya dapat membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, menurut sebuah studi, kandungan pitosterol dan fitonutrien yang ditemukan dalam manfaat rebung dapat berguna untuk membantu melarutkan kolesterol jahat (LDL) yang berbahaya dalam tubuh.


Beberapa studi penelitian juga menunjukkan bahwa rebung memiliki kandungan pitosterol seperti flavon, amilase, dan klorofil. Klorofil yang terkandung dalam daun rebung menunjukkan sifat mengendalikan kanker. Selain itu, rebung juga menandung zat alami fitokimia yang dipercaya dapat mencegah kanker dan mengurangi risiko pengerasan arteri.


Penulis: Zanoer