Kesehatan

Berikut Cara Menghindari Efek Samping Vaksin Booster

pesisirnews.com pesisirnews.com
Berikut Cara Menghindari Efek Samping Vaksin Booster

Foto Vaksin Booster, ist

Jakarta, PESISIRNEWS.COM - Dalam upaya untuk melindungi masyarakat di seluruh dunia dari infeksi SARS-CoV-2 varian omicron, pemberian dosis penguat (booster) vaksin Covid 19, varian ini menyebabkan penularan wabah yang lebih cepat.

Dengan meningkatnya kasus Covid 19 di negara di dunia, suntikan booster mulai diberikan kepada masyarakat, dengan diutamakan adalah kelompok kelompak yang dianggap rentan. Meski demikian , perlu diketahui bahwa dosis tambahan vaksin ini dapat memiliki beberapa efek samping, mulai dari yang ringan hingga sedang.

Dikutip dari republika.ci.id, dilansir dari Hindustan Times, para ahli mengatakan sejauh ini belum ada efek samping tambahan, selain seperti yang dimunculkan dari suntikan vaksin Covid 19 dosis pertama dan kedua. Bahkan, efek samping umumnya lebih rendah pada booster sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

Ketika seseorang menjalani vaksinasi, berbagai jenis antigen virus dimasukkan ke dalam tubuh. Antigen ini dimaksudkan untuk menghasilkan beberapa reaksi antibodi sehingga ketika virus yang sebenarnya menyerang, antibodi yang sudah ada dapat menetralkannya.

"Katena itu adalah reaksi tubuh kita, tidak jarang kita melihat seseorang mengalami demam ringan, sakit kepala, lelah, nyeri badan, nyeri di area bekas suntikan dan sakit tenggorokan ," ujar ahli pulmonoogi dari Rumah sakit Fortis Edcorts Faridabad, dr Ravi Shekhan Jha.
Halaman :
Penulis: pesisirnews.com