Life Style

Tips dan Latihan Lengkap Menghilangkan Otot Kaku Setelah Bangun Tidur


Tips dan Latihan Lengkap Menghilangkan Otot Kaku Setelah Bangun Tidur

Ilustrasi: Perasaan otot tegang saat bangun tidur karena perubahan cairan sendi di malam hari. (Foto: Shuttershock)

(Pesisirnews.com) - Beberapa orang terbangun dengan merasakan otot yang tampak kaku, persendian linu, atau perasaan umum bahwa tubuh tidak sefleksibel saat tertidur. Kekakuan otot setelah tidur merupakan kondisi kesehatan umum yang memiliki banyak penyebab dan cara untuk mengatasinya.

Meskipun rasa kaku otot di pagi hari itu normal, biasanya cepat hilang, atau setelah melakukan gerakan kecil, tetapi tetap tidak nyaman sampai itu hilang.

Mengapa otot kita terasa kaku?

Perasaan otot yang tegang saat bangun tidur paling sering terjadi, karena perubahan pada cairan sendi dan fasia di tubuh manusia yang terjadi pada malam hari.

Fasia adalah kelompok kompleks jaringan ikat yang mengelilingi dan menopang otot, jaringan lunak, organ, dan tulang. Fasia dapat dianggap sebagai jaringan fibrosa yang membungkus di dalam otot untuk memberikan struktur dan keseimbangan yang lebih baik.

Fasia membentuk beberapa lapisan, dengan cairan seperti gel di antaranya untuk memungkinkan lapisan meluncur dan bergesekan dengan mulus, kata Peneliti fasia dan Profesor Kedokteran Rehabilitasi Universitas New York Dr. Antonio Scico kepada New York Times.

Namun, cairan ini menjadi lebih kental dalam beberapa kasus, seperti ketika suhu tubuh rendah, ketika tubuh diam untuk waktu yang lama, atau ketika asam laktat menumpuk di otot dan fasia selama latihan intensif yang menyebabkan terjadinya rasa kaku.

Memang, saat tidur biasanya tubuh tetap diam dalam waktu yang lama (sampai 8 jam), dan suhunya juga cenderung menurun.

Bahkan rasa kaku sendi disebabkan oleh tulang rawan yang menyerap cairan yang melumasi ruang di antara ujung tulang, yang menyebabkan keretakan.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar