Artikel

Penting Dibaca Pemudik: 9 Tips Mengemudi Jarak Jauh yang Aman


Penting Dibaca Pemudik: 9 Tips Mengemudi Jarak Jauh yang Aman

Ilustrasi: Perjalanan jarak jauh menggunakan mobil. (int)

(Pesisirnews.com) - Berbeda dengan dua tahun sebelumnya, pada tahun ini pemerintah memberi kelonggaran bagi calon pemudik untuk pulang ke kampung halaman meskipun situasi masih dalam keadaan pandemi Covid-19.

Itu sebabnya menjelang Hari Raya Idulfitri 1443 H yang tinggal beberapa hari lagi, terpantau lonjakan arus mudik mulai mengalami peningkatan.

Moda transportasi yang digunakan untuk mudik pun bervariasi, mulai dari pesawat udara, kapal laut, kereta api, mobil hingga sepeda motor.

Bagi Anda yang menggunakan mobil pribadi, perjalanan jauh dapat terasa menyenangkan pada awalnya, tetapi ini dapat dengan cepat hilang.

Semakin jauh rute yang Anda tempuh maka semakin cepat pula Anda mulai merasa tidak nyaman dan gelisah setiap jam berlalu.

Kondisi lelah, mengantuk dan lain sebagainya tentu dapat membahayakan diri Anda beserta penumpang lainnya di dalam perjalanan.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama dalam perjalanan, ada baiknya Anda simak beberapa tips aman berkendara jarak jauh berikut ini:

1. Persiapkan mobil Anda dengan benar

Pastikan mobil Anda dipersiapkan dengan baik sebelum menempuh perjalanan jauh. Lakukan pengecekan mobil seperti rem, kondisi ban, lampu-lampu, dll. Ini juga termasuk kelengkapan surat-surat kendaraan Anda.

Mempersiapkan mobil Anda adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah risiko dan memberi Anda ketenangan pikiran dalam perjalanan panjang. Ini akan memastikan bahwa semuanya dalam keadaan baik dan akan mengurangi kemungkinan terjadi kesalahan saat Anda bepergian.

2. Buat rencana perjalanan

Merencanakan perjalanan dengan rute panjang sangat penting agar Anda dapat mengantisipasi situasi tak terduga, misalnya kemacetan, mencari tahu perhentian di sepanjang jalan, menjadwalkan waktu tidur termasuk mempersiapkan jalur alternatif yang akan dilalui.

Rencana perjalanan yang matang dapat menghindari stress saat Anda mulai merasa jenuh mengemudi.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar