Lingkungan

Upaya Arab-Israel Mengatasi Dampak Perubahan Iklim dan Kenaikan Suhu di Timur Tengah


Upaya Arab-Israel Mengatasi Dampak Perubahan Iklim dan Kenaikan Suhu di Timur Tengah

Peningkatan suhu di kawasan Timur Tengah. (Reuters)

ABU DHABI (Pesisirnews.com) - Timur Tengah adalah salah satu kawasan yang paling terpukul oleh kenaikan suhu di seluruh dunia. Jika perjuangan melawan pemanasan global masih belum berjalan secara efektif maka kawasan itu akan paling menderita dalam jangka panjang.

Pada tahun 2021, Israel, Uni Emirat Arab, dan Yordania menandatangani Kesepakatan Biru Hijau yang menyediakan ekspor air bersih Israel ke Yordania dengan imbalan energi matahari.

UEA juga mendukung kesepakatan tersebut dengan membangun ladang tenaga surya baru di Yordania dan jalur transmisi baru untuk terhubung dengan Israel.

Selain itu, pada September 2022, Israel dan Maroko menyimpulkan perjanjian kerja sama komprehensif, termasuk kolaborasi hidrogen, tenaga surya, dan baterai.

Langkah tersebut, selain memberikan manfaat ekonomi antar negara, juga untuk menekan dampak dari perubahan iklim yang lebih buruk.

Universitas Zayed Uni Emirat Arab dan Universitas Haifa Israel pada 2021 juga telah menandatangani Nota Kesepahaman untuk meneliti bidang terkait iklim, sumber daya alam dan ilmu kelautan.

Lembaga-lembaga tersebut juga sepakat untuk mengadakan proyek penelitian, lokakarya, dan seminar bersama.

Kerja sama dalam upaya penanggulangan perubahan iklim di kawasan itu, disebut dalam laman Diplomatic Courier, yang dilansir Jumat, tak terlepas dari perjanjian normalisasi diplomatik yang dikenal luas sebagai Abraham Accords oleh Israel dan UEA, yang diikuti negara-negara Arab lainnya seperti Sudan dan Maroko.

Namun masih disayangkan Arab Saudi belum memutuskan menormalisasi hubungannya dengan Israel.

Pada awal 2023, menteri luar negeri Saudi, Pangeran Faisal Bin Farhan Al-Saud, menyatakan bahwa negara Palestina diperlukan untuk normalisasi hubungan Arab Saudi dengan Israel, dan keadaan itu masih jauh dari tercapai.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar