Peristiwa

Enam Unit Rumah Warga di Enok Ambrol Akibat Tanah Longsor


Enam Unit Rumah Warga di Enok Ambrol Akibat Tanah Longsor

Inhil, Pesisirnews.com - Sebanyak enam unit rumah warga di Jalan AEC RT 002/005 Kelurahan Enok, Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mengalami kerusakan akibat bencana alam tanah longsor, Minggu (25/11) sekira pukul 23.00 wib.


Dari data kepolisian, peristiwa bencana alam itu pertama kali diketahui oleh saksi Umar yang sedang duduk di depan rumahnya. Tak lama berselang saksi mendengar suara papan pecahan dari belakang rumah.


"Saksi langsung mengecek kebelakang rumahnya namun tidak ditemukan tanah retak yang merupakan tanda-tanda akan terjadinya longsor, setelah itu saksi langsung turun ke pompongnya untuk membuang air yg ada didalam pompongnya," jelas Kapolres Inhil AKBP Christian Rony Putra melalui rilis yang diterima.


Namun tak lama berselang, saat saksi sedang membuang air pompong tiba-tiba rumah Sdri. Siti Aisyah langsung roboh dan diikuti oleh rumah berikutnya. Melihat hal itu, saksi langsung berlari naik keatas dan berteriak meminta pertolongan warga sekitar.


Untungnya dalam kejadian musibah tanah longsor tersebut tidak terdapat korban jiwa, namun kerugian ditaksir sekitar lebih kurang Rp. 200.000.000,- dan dugaan awal terjadinya musibah tanah longsor disebabkan oleh abrasi air sungai.


"Hal ini dikarenakan pemukiman rumah masyarakat yang mengalami musibah longsor berada disepanjang pinggir sungai Kuala Enok dan pada saat terjadinya musibah tanah longsor air dalam keadaan sedang surut kering," jelas Kapolres.


Hingga saat tim dari BPBD Kab. Inhil, pemerintah Kecamatan Tanah Merah dan Polsek Tanah Merah serta masyarakat setempat sedang melakukan pendataan terhadap identitas pemilik rumah dan mengevakuasi barang-barang milik pemilik rumah yang masih bisa diselamatkan. Sedangkan terhadap warga pemilik rumah yang mengalami musibah tanah longsor ditempatkan dirumah kerabat dan dirumah masyarakat disekitar TKP tanah longsor.(***). 

Penulis: