Mau Sukses, Belajar Dari Kesalahan

Rabu, 15 April 2015 17:44 WIB
PESISRNEWS.COM - Mustahil jika Manusia tidak pernah berbuat Kesalahan.  Namun jika anda ingin melewati hidup dengan baik, maka belajarlah dari kesalahan. Jika anda dapat belajar dari kesalahan dengan tepat, maka anda akan mendapatkan kekuataan baru untuk maju kedepan jauh lebih baik.

Banyak sekali fakta yang mengungkapkan bahwa sukes seseorang, berasal dari kesalahan masa lalu. Namun tidak pula orang yang terpuruk dari kesalahan yang pernah dibuatnya. Patut kita sadari bahwa kesalahan adalah bagian yang penting dalam pengembangan diri. Jangan termenung terus dengan rasa bersalah dan penyesalan, pelajari bagaimana anda dapat belajar dari kesalahan-kesalahan tersebut untuk mengukir masa depan yang jauh lebih baik.

Mengutip dari pernyataan Alm. Bob Sadino, yang menyatakan bahwa jika ingin sukses. Seseorang harus melewati beberapa hal, diantaranya :
 
1. Jangan takut gagal atau melakukan kesalahan
Bob Sadino mengajarkan siapa pun yang ingin mengikuti jalannya agar tidak takut dengan kegagalan maupun dengan kesalahan yang diperbuat. Selama pantang menyerah dalam proses belajar, kegagalan dan kesalahan merupakan hal yang wajar.

2. Lakukan aksi nyata dan jangan terlalu banyak perhitungan
Melakukan perhitungan matematis sebelum memulai bisnis memang penting. Tetapi hal tersebut tidak sepenuhnya berlaku bagi Bob Sadino. Hal terpenting adalah sesegera mungkin berani bertindak melakukan tindakan yang nyata untuk menjalankan usaha.

3. Jangan terpaku kepada modal
Setiap bisnis mutlak memerlukan modal. Akan tetapi, menurut Bob Sadino, untuk memulai usaha, seseorang tidak harus selalu membutuhkan modal berupa uang atau dana awal, sebagaimana yang pernah beliau buktikan dan lakoni ketika bangkrut dalam menjalani usaha sewa mobil pada masa awal karirnya. Mobil Mercedes Benz yang beliau sewakan mengalami kecelakaan hingga tidak bisa diperbaiki lagi. Tanpa sepeser modal pun, beliau menawarkan diri untuk memasarkan kue buatan tetangganya.

Dari Kutipan diatas, bahwa kesalahan merupakan hal mutlak yang harus dilewati. Jika kita mampu memetik pelajaran dari kesalahan maupun keggagalan, maka dampaknya akan kita rasakan. Tapi justeru sebaliknya, jika kita terbelenggu oleh kesalahan, maka nikmati apa yang kita raih saat ini.
      
Sebagai manusia biasa, tanpa kita sadari bahwa kita sebenarnya mempunyai sifat alami untuk mencari pembenaran atas kesalahan yang kita lakukan. Ketika kita melakukan kesalahan, rata-rata reaksi pertama yang kita lakukan adalah menyalahkan orang lain.

"Ya, saya jatuh gara-gara kamu mengajak saya pergi"
"Saya tidak dapat menyelesaikan tugas sesuai jadwal karena komputer mengalami error"
"Saya tidak sempat Karena saya sibuk dengan pekerjaan" dsb..

Itulah pembenaran yang seringkali kita lakukan baik disadaari maupun tidak. Perlu anda ketahui, ketika kesalahan telah dibuat, mungkin pimpinan anda sama sekali tidak tertarik dengan pembenaran-pembenaran yang anda buat. Kita mencari pembenaran karena ego kita yang tinggi. Kadang-kadang, hal terbaik yang perlu diucapkan, ialah sangat sederhana : "Ya, saya telah melakukan kesalahan dan saya akan memperbaiki semuanya. Intinya ialah belajarlah dari kesalahan tanpa melakukan pembenaran.

Good luck

Baca :

Mau Jadi Pengusaha Muda, Ikuti Kisah ini


Loading...
Tags

Berita Terkait

Komentar

Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.

FB Comments