Daerah

Wakil Bupati Inhil H Syamsuddin Uti Irup Peringatan Hardiknas Ke-111 & Hari Otonomi Daerah Ke XXIII Tahun 2019


Wakil Bupati Inhil H Syamsuddin Uti Irup Peringatan Hardiknas Ke-111 & Hari Otonomi Daerah Ke XXIII Tahun 2019
Humas Pemkab Inhil

Tembilahan, Pesisirnews.com - Wakil Bupati Inhil H.Syamsuddin Uti (SU) tampil sebagai ispektur upacara (Irup) pada peringatan hari pendidikan nasional (Hardiknas) 2 Mei . Hajatan nasional yang berlangsung di Lapangan Gajah Mada Tembilahan itu dirangkaikan dengan peringatan Hari Otonomi Daerah Ke XXIII Tahun 2019 (Otda), Kamis, 2 Mei 2019.




Dalam Upacara Peringatan tersebut, di hadiri oleh Forkopimda , Sekretaris Daerah Kabupaten Inhil , Para Asisten , Pimpinan Opd Lingkup Pemda Kabupaten Inhil, Para ASN , Para Guru/Tenaga Pendidik, Satpol PP serta Siswa-Siswi SMA Kabupaten Inhil.




Wakil Bupati Inhil, H. Syamsuddin Uti (SU) yang membacakan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir effendy dan Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo mengatakan, tema hari pendidikan nasional tahun 2019 adalah "menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan." Tema ini mencerminkan pesan penting ki hajar dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya indonesia yang berkemajuan.




Dalam perspektif kemendikbud, pembangunan sumber daya manusia menekankan dua penguatan, yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja. Dalam pendidikan karakter dimaksudkan untuk membentuk insan berakhlak mulia, empan papan, sopan santun, tanggung jawab, serta budi pekerti yang luhur.




Sementara ikhtiar membekali ketrampilan dan kecakapan disertai pula dengan penanaman jiwa kewirausahaan. Tentu, semua itu membutuhkan profesionalitas kinerja segenap pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan di tingkat pusat dan daerah.




Melalui momentum hari pendidikan nasional ini, marilah kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumberdaya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, ketrampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif.




Selanjutnya, atas nama pemerintah, izinkan saya menyampaikan penghargaan dan penghormatan setinggi-tingginya kepada para insan pendidikan dan kebudayaan di seluruh penjuru negeri, terutama kepada ibu dan bapak pendidik dan tenaga kependidikan di semua jenjang, para pegiat paud, pegiat literasi, para tokoh agama, wartawan, dan kontributor pendidik lainnya, yang tak lelah menyalakan mimpi, memberikan inspirasi, membuka jalan terang masa depan anak indonesia agar menjadi manusia cerdas berkarakter kuat dan memberikan manfaat bagi sekitarnya. Selamat hari pendidikan nasional. Teruslah bersemangat dan tulus menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan indonesia. Semoga allah, tuhan yang maha mulia, maha pemberi anugerah, selalu meridhai ikhtiar kita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa kita tercinta.




Selanjutnya Hari Otonomi Daerah Ke XXIII Tahun 2019 (Otda)saya ingin sekali lagi menegaskan hal-hal sebagai berikut


1. Mari kita kawal otonomi daerah agar selalu diisi dengan kegiatan-kegiatan dalam peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah yang berorientasi pada pelayanan masyarakat guna mewujudkan kesejahteraan rakyat dan peningkatan sumber daya manusia melalui kegiatan yang kreatif dan inovatif.


2. Mendorong munculnya kemandirian yang digerakkan oleh kreativitas dan inovasi daerah dalam mengoptimalkan berbagai potensi sumberdaya yang ada, baik sumberdaya manusia maupun sumberdaya alam yang secara signifikan akan mendukung dan memperkokoh pembangunan nasional dalam bingkai negara kesatuan republik indonesia.


3. Mari kita tingkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan melalui keserasian hubungan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, keserasian hubungan pemerintah daerah dengan dprd dan masyarakat, sehingga tercipta tata kelola hubungan pemerintahan yang sinergis.




Akhir kata, semoga dengan semangat hari otonomi daerah diharapkan dapat merefleksikan kembali makna otonomi daerah dan menjadi spirit untuk melakukan yang terbaik bagi negeri ini.(Galery Foto/Diskominfo Inhil)

Penulis: admin