Daerah

Babinsa Koramil 05/Rupat Kembali Lakukan Sosialisasi Bahaya Karhutla

Anjar Anjar
Babinsa Koramil 05/Rupat Kembali Lakukan Sosialisasi Bahaya Karhutla

Babinsa Koramil 05/ Rupat Kodim 0303/Bengkalis dan pihak terkait memantau hutan dan lahan dari potensi kebakaran. Foto: Budi/Pesisirnews.com.

RUPAT, Pesisirnews.com - Anggota Babinsa Koramil 05/ Rupat Kodim 0303/Bengkalis Serda Rahmat dan 2 orang anggota Damkar PT SRL melaksanakan patroli sekaligus sosialisasi cegah Karhutka Desa Titiakar Kecamatan Rupat Utara Senin ( 5/10/2020) pagi.

“Patroli ini rutin dilaksanakan setiap hari di daerah yang rawan kebakaran ataupun tidak. Tak bosan bosannya kami (Babinsa) juga menyampaikan sosialisasi tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan kepada masyarakat sekitar agar tidak membakar lahan secara sembarangan. Karena apabila masyarakat sengaja membakar lahan maka akan ada sanksi hukum yang berlaku bagi aktor pembakaran,” ujar Sertu H. Palar.

Kegiatan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan yang dilaksanakan ini merupakan bagian dari bentuk komunikasi dan koordinasi serta memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk menuju desa bebas api. Ini merupakan langkah awal mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, sehingga masyarakat mengetahui dan memahami dampak negatif dari kebakaran tersebut.

“Penyebab dari kebakaran hutan dan lahan terjadi akibat kecerobohan dalam membuka lahan itu sendiri dengan alasan dapat menghemat biaya dan tenaga, padahal efek dari kebakaran itu sangat banyak sekali dan sudah pernah kita rasakan beberapa tahun yang lalu salah satunya banyak kabut asap yang timbul sehingga dapat merusak kesehatan serta merusak ekosistem alam yang ada,” lanjutnya.

Ia juga meminta agar masyarakat turut secara aktif ikut berpartisipasi dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

“Apabila ada yang membakar segera laporkan kepada kami ataupun pihak dari kepolisian,” tegasnya. (Budi)

Penulis: Budi Haryanto

Editor: Anjar

loading...