Daerah

Diskes Kota Pekanbaru Temukan Dua Penumpang Pesawat di Bandara SSK II Pekanbaru Positif Covid-19


Diskes Kota Pekanbaru Temukan Dua Penumpang Pesawat di Bandara SSK II Pekanbaru Positif Covid-19

Proses pemeriksaan PCR di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru saat kedatangan. (Foto: ANTARA/Vera Lusiana)

PEKANBARU, Pesisirnews.com - Sebanyak dua orang penumpang pesawat yang diperiksa oleh Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru dinyatakan positif Covid-19.

"Dari tiga orang penumpang yang reaktif langsung kita lakukan uji swab sudah keluar hasilnya, sebanyak dua orang dinyatakan positif Covid-19, mereka langsung kita bawa ke tempat isolasi terpusat," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih di Pekanbaru, Jumat (11/2).

Dikatakan Zaini Rizaldy Saragih, belakangan Satgas Covid-19 Kota Pekanbaru intens melakukan skrining terhadap penumpang yang datang di Bandara Sultan Syarif Kasim II. Satgas melakukan rapid tes antigen guna mengantisipasi sebaran Covid-19.

Dia menyebut, tim melakukan rapid tes antigen secara acak bagi penumpang yang datang di Bandara Sultan Syarif Kasim II.

"Sudah ada 180 sampel yang diambil dari penumpang sejak beberapa hari terakhir, dari jumlah itu, terjaring tiga di antaranya memiliki hasil reaktif," ungkap dia.

Menurutnya, jika terdapat penumpang yang memiliki hasil reaktif akan dilakukan dengan pemeriksaan lanjutan. Mereka bakal menjalani tes swab guna memastikan Covid-19.

Satgas juga melakukan tracing terhadap kontak erat pasien positif. Mereka melakukan penelusuran hingga 15 orang kontak erat pasien positif.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar