Daerah

Pjs Bupati Rohul Apresiasi Kinerja Aparatur ATR BPN

Anjar Anjar
Pjs Bupati Rohul Apresiasi Kinerja Aparatur ATR BPN
loading...

ROHUL, Pesisirnews.com - Pjs Bupati Rokan Hulu (Rohul) Masrul Kasmi memberikan Apresiasi kepada Kantor ATR BPN Rohul yang berhasil menyelesaikan target Penerbitan sertifikat PTSL di Kabupaten Rokan Hulu.

Dalam Apresiasi tersebut disampaikan Masrul Kasmi saat Penyerahan 1 juta Sertifikat Lahan oleh Presiden Joko Widodo yang dilaksanakan secara virtual dari Istana Negara. senin (9/11/2020).

Untuk Kabupaten Rokan Hulu, ada 3060 Sertfikat yang diserahkan di Pendopo Kediaman dinas Pjs Bupati rohul. namun penyerahan Sertifikat lahan tersebut dilakukan secara Simbolik oleh Pjs di Pendopo kediaman dinas bupati.

Pjs Bupati Rohul Masrul Kasmi mengatakan, percepatan penerbitan sertifikat lahan ini sangat positif untuk menghindari adanya sengketa tanah. selain itu menjamin kepastian hukum, serttifikat lahan bisa di manfaatkan masyarakat sebagai agunan untuk mendapatkan modal usaha di Perbankan.

Masrul juga berharap kepada ATR BPN Rohul untuk melakukan percepatan terhadap sertifikasi Rumah Ibadah seperti yang disampaikan oleh presiden. ia juga menghimbau kepada Masyarakat untuk pro aktif membantu ATR BPN Rohul dalam memberikan Informasi, alashak, dan sepadan sehingga memudahkan petugas pengukuran.

“Pemerintah desa dan kecamatn juga harus ikut mendukung program nasional ini" tegasnya.

Kepala Kantor ATR BPN Kabupaten Rokan Hulu Tarbarita Simorangkir menjelaskan, Pada tahun ini ATR BPN Rohul sudah menuntaskan target 100 Persen Program PTSL dengan jumlah sertfikat yang sudah diselesaikan mencapai 3.060 Sertifikat.

Sementara untuk Program Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) ATR BPN Rohul sat ini hanya tinggal menyelesaikan sebanyak 417 Bidang dari 3.600 Bidang TORA yang di targetkan pada tahun 2020.

Selain dua program tersebut, untuk mendukung kebijakan Presiden dalam Percepatan Pensertifikatan Fasilitas Umum. ATR BPN Rohul juga telah membuat Program Inovasi Tanah Waqaf (TAWAF) dimana sudah terdapat 300 Rumah ibadah yang sudah mendapatkan Sertifikat.

Tarbarita juga berterima kasih kepada pemkab rohul khususnya kepada Kepala Desa dan Kecamatan yang memberikan dukungan kepada ATR BPN dalam merealisasikan Program Nasional ini. tarbarita kedepan juga mengharapkan adanya Support dari Pemkab Rohul, terutama mengurangi Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) sehingga membantu mengurangi biaya masyarakat dalam pengurusan sertifikat. banyak masyarakat yang tak mampu membayar BPHTB, ini juga menjadi kendala kita dalam melakukan percepatan proses Penerbitan sertifikat lahan" kata Kepala BPN Rohul. (Ace)

Penulis: Acce Nauli

Editor: Anjar