Ekbis

Ini Alasan Mengapa Harga Sawit di Riau Mengalami Penurunan


Ini Alasan Mengapa Harga Sawit di Riau Mengalami Penurunan

PEKANBARU (Pesisirnews.com) - Penurunan harga sawit terjadi di Riau, di mana harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit Riau umur 10-20 tahun periode 1-7 Juni 2022 sebelumnya tercatat sebesar Rp 2.666,44/kg kini menjadi Rp 2639,43/kg, atau turun sebesar Rp 27,01 kg dibandingkan harga seminggu sebelumnya.

"Penurunan harga sawit Riau tersebut dipicu kenaikan dan penurunan harga jual CPO dari perusahaan yang menjadi sumber data," kata Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan Dinas Perkebunan Riau, Defris Hatmaja, mengutip Antara di Pekanbaru, Rabu.

Dia mengatakan, untuk harga jual CPO, PTPN V tidak menjual komoditasnyapada minggu ini. Dari PT Sinar Mas Group menurun harga sebesar Rp 60,86/kg dari harga minggu lalu, PT Astra Agro Lestari tidak menjual produknya minggu ini.

Berikutnya PT. Asian Agri mengalami kenaikan harga sebesar Rp 107,28/kg dari harga minggu lalu.

"Dari PT Citra Riau Sarana tidak melakukan penjualan minggu ini. PT Musim Mas tidak melakukan penjualan minggu ini. Sedangkan untuk harga jual kernel, dari PT Sinar Mas Group menjual komoditasnya dengan harga sebesar Rp 6.980,00/kg. PT Asian Agri menjual komoditasnya dengan harga sebesar Rp 7.112,00/kg," katanya.

Sementara dari faktor eksternal, belum normalnya ekspor CPO dan kernel walaupun sudah diumumkan pencabutan larangan ekspor CPO.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar