International

Rusia Kerahkan Kapal Penyelamat Berusia 110 Tahun untuk Ambil Bangkai Kapal Moskva


Rusia Kerahkan Kapal Penyelamat Berusia 110 Tahun untuk Ambil Bangkai Kapal Moskva

Kapal penyelamat Kommuna -katamaran sewaktu berada di teluk Sevastopol, di Ukraina. (Foto: George Chernilevsky)

(Pesisirnews.com) - Kommuna adalah sebuah kapal penyelamat antik milik Angkatan Laut Rusia. Kapal ini dikabarkan telah memulai misi menyelidiki dan melakukan operasi penyelamatan potensial untuk mengangkat bangkai kapal penjelajah kelas Slava Rusia bernama Moskva yang tenggelam di Laut Hitam.

Kommuna dilengkapi dengan sistem pertahanan udara tingkat tiga, serta rudal jelajah anti-kapal jarak jauh di antara persenjataan lainnya.

Menurut klaim Ukraina, Moskva rusak parah setelah dihantam oleh rudal jelajah anti-kapal berbasis pantai Neptunus yang ditembakkan Ukraina saat kapal itu berlayar di Laut Hitam pada pertengahan April. Kapal kemudian terbakar yang menyebabkan evakuasi penuh awak kapal.

Sementara Rusia mengklaim melalui pengumuman resmi yang dibuat oleh Kementerian Pertahanan, bahwa Moskva tenggelam saat ditarik kembali ke pelabuhan sehari setelah terjadi kecelakaan yang mengakibatkan ledakan di kapal.

Tenggelamnya Moskva dianggap sebagai kerugian Angkatan Laut Rusia yang paling signifikan dalam beberapa dekade.

Ditugaskan mengangkut bangkai kapal Moskva

Menurut sebuah laporan oleh analis pertahanan independen HI Sutton yang dilansir dari thedrive.com Sabtu (23/4), operasi penyelamatan mungkin kini sedang berlangsung terhadap kapal Moskva yang tenggelam.

Kapal yang dilaporkan melakukan operasi pengangkatan adalah kapal penyelamat Angkatan Laut Rusia berusia 110 tahun bernama Kommuna, yang merupakan salah satu kapal angkatan laut tertua yang pernah ada.

Volkhov atau Kommuna diluncurkan pada tahun 1913. Kapal ini telah melihat sejumlah peristiwa besar bersejarah sepanjang masa beroperasinya.

Kommuna pada awalnya bernama Volkhov, pertama kali memasuki layanan aktif sebagai sebagai perawat kapal selam dan kapal penyelamat untuk armada Baltik Angkatan Laut Rusia pada tahun 1915.

Kapal ini memiliki desain catamaran lambung ganda dan telah melalui Revolusi Rusia. Ia juga telah melalui dua Perang Dunia, melayani di Angkatan Laut Kekaisaran Rusia, Soviet, dan sekarang Federasi Rusia.

Pada tahun 1922, ia secara resmi berganti nama menjadi Kommuna, atau Komune dalam bahasa Inggris, yang cocok dengan realitas politik Rusia yang berubah drastis saat itu. Nama ini bahkan tetap bertahan setelah kejatuhan Uni Soviet.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar