Kesehatan

4 Jenis Makanan yang Memengaruhi Kesehatan Sperma, Nomor 3 Paling Umum Dijumpai


4 Jenis Makanan yang Memengaruhi Kesehatan Sperma, Nomor 3 Paling Umum Dijumpai

Ilustrasi: Makanan yang memengaruhi kualitas sperma. (Foto: Andrew Zaeh via Bustle)

(Pesisirnews.com) -Sebagaimanan ada makanan yang dapat meningkatkan kualitas dan jumlah sperma, sebaliknya terdapat pula beberapa jenis makanan yang bisa memengaruhi kualitas sperma seorang pria.

Jenis-jenis makanan itu tentu sebaiknya dihindari agar sperma tetap sehat, selain untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca juga: Pria Harus Tahu: 9 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kualitas dan Jumlah Sperma

Berikut 4 jenis makanan yang sebaiknya dihindari pria agar sperma tetap sehat dan berkualitas, yang dilansir dari laman cnyfertility.com :

1. Daging Olahan

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi daging olahan dapat mengurangi kemampuan pria untuk membuahi sel telur.

Para peneliti di Harvard TH Chan School of Public Health melacak pola makan 141 pria.Ada hubungan antara konsumsi daging olahan yang sering dan tingkat pemupukan yang lebih rendah.

Pria dari penelitian yang makan daging olahan paling sedikit, memiliki peluang 28 persen lebih baik untuk mencapai kehamilan dibandingkan dengan pria yang makan daging olahan paling banyak.

2. Alkohol

Studi telah menunjukkan bahwa konsumsi alkohol moderat tidak memiliki dampak yang signifikan terhadap kesuburan.Di sisi lain, banyak penelitian menunjukkan pria alkoholik (kecanduan alkohol) memiliki tingkat kesuburan yang buruk.

Satu studi, khususnya, berfokus pada perbedaan kualitas sperma antara pria alkoholik dan non-alkohol, menyimpulkan bahwa penurunan kualitas air mani terkait dengan peningkatan konsumsi alkohol.

Sebuah meta-analisis dari 15 studi tentang alkohol dan pengaruhnya terhadap kesuburan pria menemukan bahwa konsumsi alkohol setiap hari secara konsisten berdampak negatif pada morfologi dan volume sperma.

Kabar baiknya adalah penelitian telah menunjukkan bahwa pria dengan riwayat keracunan alkohol kronis dapat mencapai peningkatan drastis dalam karakteristik air mani setelah tiga bulan berhenti minum alkohol.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar