Kesehatan

Rambut Anda Rontok? Atasi dengan Mengonsumsi 8 Makanan Berikut Ini


Rambut Anda Rontok? Atasi dengan Mengonsumsi 8 Makanan Berikut Ini

Ilustrasi: Wanita dan pria dengan rambut indah dan sehat. (Foto kolase/web archive)

(Pesisirnews.com) - Rambut yang sehat dapat membuat penampilan seseorang menjadi lebih menarik dipandang. Oleh karena itu, banyak pria dan wanita yang memiliki masalah rambut seperti beruban, rambut tipis dan rontok berusaha dengan berbagai cara untuk mengatasi masalah rambut mereka yang terkadang mengeluarkan banyak biaya.

Seperti banyak ciri fisik kita, kondisi rambut adalah produk dari banyak faktor yang memengaruhinya seperti genetika, lingkungan, stres, dan lainnya yang menentukan pada seberapa sehat rambut seseorang dan seberapa baik pertumbuhannya.

Anda dapat mengontrol faktor-faktor tersebut meski tidak bisa semuanya. Tapi ada satu pilihan gaya hidup yang memainkan peran penting dalam kesehatan rambut yakni pola makan Anda.

Beberapa nutrisi telah dikaitkan dengan pertumbuhan rambut yang sehat termasuk protein, riboflavin, biotin, vitamin C, vitamin A, asam lemak omega-3, dan zat besi.

Seperti halnya pilihan nutrisi lainnya, hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk rambut Anda adalah mengonsumsi makanan seimbang yang kaya akan beragam nutrisi, vitamin dan mineral.

Suplemen juga dapat membantu , tetapi jauh lebih baik mendapatkan nutrisi yang diperlukan secara alami. Dan jika Anda ingin mendapatkan rambut yang sehat, Anda dapat mengonsumsi beberapa makanan terbaik untuk pertumbuhan rambut.

Dilansir dari CNET, Minggu (16/4), berikut 8 makanan terbaik dan cukup mudah ditemukan yang dapat membantu pertumbuhan dan kesehatan rambut:

1. Bayam

Bayam merupakan makanan yang baik untuk diet sehat. Sayuran Ini juga sangat membantu pertumbuhan rambut karena mengandung vitamin A dan C, bersama dengan kandungan zat besi yang sehat. Zat besi sangat penting untuk pertumbuhan sel darah merah, yang membantu suplai oksigen ke seluruh tubuh.

Studi juga mengaitkan kerontokan rambut terkait dengan kekurangan zat besi. Sedangkan vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi. Vitamin A juga penting untuk pertumbuhan sel, meskipun penting untuk tidak berlebihan karena dapat menyebabkan kerontokan rambut dan masalah lainnya.

2. Jeruk

Jeruk sudah dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C. Vitamin esensial ini membantu tubuh Anda menyerap zat besi, dan sangat penting untuk menjaga dosis yang sehat dalam diet Anda. Kandungan vitamin C pada jeruk membantu tubuh menyerap zat besi yang berguna untuk menyuplai oksigen sehingga dapat mencegah kerontokan rambut dan masalah lainnya.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar