• Home
  • Olah Raga
  • Sakit Sejak Kecil, Dokter Temukan 526 Gigi dalam Rahang Anak Ini

Sakit Sejak Kecil, Dokter Temukan 526 Gigi dalam Rahang Anak Ini

admin Sabtu, 03 Agustus 2019 12:52 WIB

Pesisirnews.com - Seorang anak bernama Ravindran asal Chennai, India merasakan rahangnya sakit dan bengkak. Dia tidak tahu hal itu disebabkan oleh lebih dari 500 gigi yang tertanam di dalamnya.

Dilansir dari Liputan6.com, bocah tujuh tahun ini sudah merasakan sakit sejak usianya tiga tahun. Tentu itu bukanlah kondisi yang normal bagi kedua orangtuanya.

Sang ibu, Rajakumari (33), beserta ayahnya Parbhu (40), membawa bocah itu ke dokter di Saveetha Dental College. Namun, apa yang ditemukan oleh petugas medis sangat mengejutkan.

MelansirNew York Postpada Jumat (2/8/2019), ada 526gigiyang tertanam dalam tulang rahangnya. Mereka segera melakukan operasi pada Ravindran segera setelah mendapatkan persetujuan kedua orangtuanya.

Operasi Lima Jam

Penyebab Munculnya Karang Kiki
Karang Gigi / Sumber: iStockphoto

Times of Indiamelaporkan, operasi pengangkatan gigi dari rahangnya berlangsung selama lima jam. Prosedur itu berhasil.

Saat pemulihan pada Rabu lalu, Ravindran bersama sang ayah sempat berbicara pada media setempat. Dia mengatakan mulutnya sudah tidak sakit lagi.

"Tidak sakit," ujarnya sambil menyentuh rahangnya yang bengkak.

Kondisi Apa Itu?

Ilustrasi dokter gigi (iStockphoto)
Ilustrasi dokter gigi (iStockphoto)

Dokter yang menangani anak itu mengatakan bahwa kondisi tersebut disebutcompound composite odontoma. Namun, mereka tidak yakin apa penyebabnya.

"Meskipun penyebab kondisinya tidak diketahui, genetika bisa menjadi salah satu alasannya," kata dokter Prathibha Ramani seperti dikutip dariScience Alert.

"Lingkungan juga dapat memainkan peran penting. Kami telah melakukan studi untuk melihat apakah radiasi dari menara ponsel merupakan faktor dalam kondisi semacam itu," ujarnya lagi.

Ramani mengatakan bahwa gigi-gigi tersebut memiliki ukuran yang bervariasi. Mulai dari 0,1 hingga 15 milimeter.

"Mereka tampak seperti mutiara dalam tiram. Bahkan potongan terkecil memiliki mahkota, akar, dan lapisan enamel seperti gigi."

New Indian Expressmelaporkan, dokter mengatakan bahwa satu-satunya efek samping jangka panjang adalah Ravindran kemungkinan membutuhkan implan molar ketika usianya menginjak 16 tahun.(dan)

Tags MancanegaraUnikperistiwaviral

Berita Terkait

Komentar

Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.

FB Comments