Politik

KPU Sosialisasi Pilkada di Rutan Klas II B Dumai


DUMAI, PESISIRNEWS.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dumai melakukan Sosialisasi Pemilihan Umum  Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Dumai tahun 2015 di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Kota Dumai pada Jumat (21/08) kemarin.

Sosialisasi dilakukan agar warga binaan di Rutan Dumai ikut menyulurkan hak pilihnya pada Pilkada Dumai 9 Desember 2015 mendatang.

Kehadiran sejumlah Komisioner KPU Dumai dipimpin Ketua KPU Dumai H Darwis S.Sag   bersama Sekretaris KPU Dumai Zahedy disambut langsung oleh Kepala Lembaga Persyarakatan (Lapas) Kelas II B Dumai Muhamad Lukman  Amd.,IP.,SH.,MS.i bersama sejumlah staf Rutan Dumai.

Dalam kesempatan itu, Lukman kepada warga binaan menjelaskan bahwa kehadiran komissioner KPU Dumai ke Rutan Dumai guna melakukan sosialisasi bahwa warga binaan Rutan Dumai memiliki hak pilih dalam Pilkada Dumai tahun 2015.

" Silahkan didengar dan diperhatikan, jika ada yang belum dipahami silahkan ditanya nanti langsung kepada ketua KPU Dumai," kata Lukman.

Dalam sosialisasi yang dilaksanakan di lapangan belakang Kapalas Kelas II B tersebut, Ketua KPU Dumai H Darwis S.Ag menjelaskan bahwa kehadiran komisioner KPU Dumai dalam rangka sosialisasi Pemutahiran Data Pemilih pada Pilkada Dumai.

Sebab Pilkada Dumai tahun 2015, ujar Darwis, berbeda dengan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur maupun Pilpres, sebab yang berhak memilih dalam Pilkada Dumai hanyalah mereka yang sudah memiliki usia 17 dan memiliki KTP dan KK Dumai.

" Seluruh masyarakat termasuk warga binaan di Rutan Dumai yang sudah berusia 17 tahun dan memiliki KTP, KK Dumai  dan atau Paspor berhak memilih dalam Pilkada Dumai 9  Desember 2015 mendatang. Untuk itu soft copy KTP dan KK maupun paspor milik warga binaan diserahkan kepada Ka. Lapas Dumai," pinta Darwis.

Sebelumnya, Kalapas Kelas II B Dumai Lukman menjelaskan, warga binaan penghuni Rutan Kelas II B Dumai berjumlah 764 orang, terdiri dari nara pidana 476 orang dan tahanan 288 orang. Hanya saja, tidak seluruh warga binaan tersebut warga kota Dumai.

" Jumlah ini bisa berkurang dan tambah. Tapi  biasanya cenderung bertambah, sebab yang keluar hanya 2 bertambah mau 10 orang. Jadi biasanya jumlah ini akan bertambah hingga Desember 2015 mendatang," terang Lukman.

 Sesuai pantauan Rutan Dumai warga binaan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas II B Dumai tampak berkumpul di lapangan Rutan. Mereka antusias menghadiri Sosialisasi Pemutahiran Data Pemilih pada Piakada  Dumai yang diselenggarakan KPU Dumai.

Sosialisasi tersebut memang menjadi sarana untuk mengajak para warga binaan untuk turut berpartisipasi menyalurkan suaranya pada Pilkada Dumai 9 Desember 2015 mendatang.

" Rabu 9 Desember 2015 hari H Pilkada Dumai ditetapkan sebagai hari libur," tukasnya. (dcp)


Penulis: