Peristiwa

Situasi Kemanusiaan di Afghanistan Memprihatinkan, Indonesia Berikan Bantuan


Situasi Kemanusiaan di Afghanistan Memprihatinkan, Indonesia Berikan Bantuan

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Foto via Tribunnews)

JAKARTA, Pesisirnews.com - Indonesia merespon buruknya situasi kemanusiaan di Afghanistan dengan membawa bantuan kemanusiaan untuk negara yang menempati peringkat puncak sebagai negara paling tidak damai di dunia itu.

Dua pesawat yang membawa bantuan kemanusiaan dari Indonesia telah tiba di Bandara Internasional Hamid Karzai, Kabul, Afghanistan, pada Minggu pagi (9/1) waktu setempat.

Pesawat pertama dengan kode penerbangan GA-7900 tiba pada pukul 10.00 waktu Kabul (12.30 WIB), sementara pesawat kedua dengan kode penerbangan GA-7700 tiba pada pukul 11.00 waktu Kabul (13.30 WIB).

Kedua pesawat tersebut telah menempuh penerbangan langsung dari Bandara Soekarno-Hatta selama kurang lebih delapan jam, demikian keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI, Senin.

Sebelumnya, Menlu RI Retno Marsudi menyatakan bantuan kemanusiaan itu diberikan sebagai respons terhadap situasi kemanusiaan di Afghanistan yang memprihatinkan.

Bantuan diberikan sesuai dengan kebutuhan, berdasarkan asesmen yang dilakukan oleh Program Pangan Dunia (World Food Programme/WFP).

Menanggapi bantuan kemanusiaan dari Indonesia, Country Director-WFP Indonesia Christa Rader menyampaikan apresiasi atas bantuan pangan dan nutrisi yang telah dikirimkan.

Hal ini merupakan langkah konkret dari solidaritas global untuk mengatasi penderitaan rakyat Afghanistan.

Bantuan yang telah diterima akan segera dikoordinasikan penyalurannya oleh WFP-Afghanistan.

Kedua pesawat pembawa bantuan kemanusiaan tersebut diberangkatkan pada Minggu dini hari dari Jakarta oleh Menlu RI.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar