Tekno

NASA Berhasil Mengabadikan Pemandangan Terbaru yang Menakjubkan dari Mars

Anjar Anjar
NASA Berhasil Mengabadikan Pemandangan Terbaru yang Menakjubkan dari Mars

Foto Planet Mars Terbaru. (Kredit Foto via i.middle-east-online.com)

loading...

WASHINGTON - NASA telah menerbitkan video dan gambar-gambar paling realistis dari permukaan Mars yang memberikan pandangan komprehensif dan paling jelas pertama tentang geografi planet merah dengan semua gurun, langit, bukit pasir, batu, dan lainnya.


Klip luar biasa yang dihasilkan oleh empat kendaraan robot NASA itu kini jadi trending topik dikalangan pencinta Iptek di seluruh dunia. Video berdurasi sepuluh menit yang sudah di unggah ke Youtube itu didasarkan pada teknologi beresolusi tinggi, yang mampu merekam pemandangan indah dari permukaan Planet Merah.


Narator dalam video itu mengatakan: "Ini adalah pertama kalinya rekaman Mars telah ditampilkan dengan akurasi luar biasa." Langit Mars muncul dalam klip yang digambarkan pada waktu merah dan berkabut, dan pada waktu lain itu cenderung dari kuning ke biru".


Gambar berwarna yang dibuat oleh NASA menurut narator untuk membantu ahli geologi menentukan formasi bebatuan.


"Ini adalah pengalaman yang paling realistis, dan seolah membawa kita berada di Mars,” kagum narator di video tersebut.


"Teknologi ini juga menghasilkan gambar yang lebih jelas, sehingga kita dapat melihat Mars secara lebih rinci," jelas narator.


Penjelajah itu dikatakan narator berhasil menemukan bukti kuat bahwa Mars dulunya adalah planet air.


Sebagai informasi, NASA meluncurkan empat kendaraan untuk berjalan di permukaan Planet Merah setelah mengekstraksi pelajaran yang sangat penting dari penjelajah kendaraan antar planet yang bernama Curiosity, yang mendarat di Mars pada 2012.


Curiosity berhasil menemukan kawah sedalam 250 meter di sebelah tenggara dataran Mars yang diperkirakan seukuran Danau Tahoe di AS.


Curiosity Diluncurkan oleh NASA sebagai kapal pendarat otomatis pertama yang dirancang untuk mempelajari interior planet lain.


Pesawat ruang angkasa tanpa awak ini mendarat dengan selamat di Mars pada November 2018 dengan membawa alat untuk memantau getaran seismik yang sebelumnya hanya terdeteksi di Bumi.


NASA berencana untuk meluncurkan kendaraan lalu lintas kelima, yang disebut “Keselamatan”, tahun ini. Misi itu akan membawa peralatan yang dapat mengubah karbon dioksida planet sebagai katalis yang akan diubah menjadi oksigen. (Source : Rusia Today)


Penulis: Anjar