Tekno

Saab JAS 39 Gripen, Jet tempur Buatan Swedia yang Kini Diperhitungkan


Saab JAS 39 Gripen, Jet tempur Buatan Swedia yang Kini Diperhitungkan

Ilustrasi: Pesawat tempur Saab JAS 39 Gripen buatan Swedia. (Foto via ARMY GLOBAL) 

(Pesisirnews.com) - Ketika B-52H Stratofortress Angkatan Udara Amerika Serikat terbang di atas langit Eropa, pengebom masif ini sering dikawal oleh campuran pesawat tempur yang mencakup F-15, F-16, F-35, dan Eurofighter Typhoon.

Bulan lalu, selama latihan bersama dengan Angkatan Udara Swedia, salah satu pembom Amerika dikawal oleh sepasang pesawat tempur Saab JAS 39 Gripen.

Latihan tersebut, yang berlangsung sebelum invasi Rusia ke Ukraina, merupakan bagian dari pola latihan yang berulang sejalan dengan kerjasama yang telah terjalin antara Amerika Serikat dan Swedia.

Stockholm telah mengatakan bahwa partisipasi dalam latihan semacam itu selaras dengan kebijakan pertahanan negara itu - dan sementara negara Skandinavia telah lama mempertahankan posisi netral, negara itu semakin dekat untuk bergabung dengan NATO.

Jika itu terjadi (Swedia bergabung dengan NATO), maka flyboys dan flygirls Angkatan Udara Amerika Serikat kemungkinan dapat berharap untuk melihat lebih banyak lagi JAS 39 Gripen yang berkemampuan tinggi.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar