Artikel

Daftar 16 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia dan Luar Negeri Versi QS WUR 2023


Daftar 16 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia dan Luar Negeri Versi QS WUR 2023

Ilustrasi: Massachusetts Institute of Technology (MIT) di AS dinobatkan sebagai kampus terbaik di dunia versi QS WUR 2023. (Study Abroad)

(Pesisirnews.com) - QS World University Ranking (WUR) merilis ranking universitas-universitas terbaik di dunia pada 2023. Dalam pemeringkatan, QS WUR mendata dan meranking hampir 1.500 perguruan tinggi di dunia, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Dikutip dari QS WUR, kualitas dan peringkat suatu perguruan tinggi yang dinilai oleh QS WUR melalui 6 indikator sebagai berikut:

1. Reputasi akademik

Indikator yang pertama ini mewakili 40 persen nilai total. Reputasi akademik suatu perguruan tinggi dilihat dari bagaimana kualitas pengajaran dan penelitian yang dilakukan.

2. Reputasi tempat berkarier

QS WUR menilai bagaimana reputasi tempat para alumni sebuah perguruan tinggi berkarier, misalnya perusahaan atau institusi lainnya. Dari sana, akan terlihat seperti apa kualitas perguruan tinggi itu, karena kapasitas yang dimiliki alumninya sedikit banyak berasal dari hasil pendidikan di perguruan tinggi tempatnya mengenyam ilmu.

3. Rasio akademisi dan mahasiswa

indikator yang digunakan adalah perbandingan jumlah dosen dan mahasiswa. Semakin banyak jumlah dosen atau akademisi yang ada, maka akan mengurangi beban mengajar yang ada dan bisa menciptakan pengalaman belajar yang lebih baik bagi mahasiswa.

Bagaimana perguruan tinggi memberi mahasiswa akses ke dosen juga diperhitungkan dalam Indikator ini.

4. Kutipan akademik

Selanjutnya, penilaian juga dilakukan dengan melihat seberapa banyak total kutipan akademik dalam makalah yang dihasilkan oleh perguruan tinggi dalam periode lima tahun.

5. Rasio siswa internasional

6. Rasio staf internasional

Untuk poin ke 5 dan 6, QS WUR akan melihat berapa banyak mahasiswa dan staf internasional yang ada di sebuah perguruan tinggi.

Banyak sedikitnya jumlah ini menunjukkan kemampuan perguruan tinggi untuk menarik siswa dan staf berkualitas dari seluruh dunia.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar