Peristiwa

7 Perguruan Tinggi Indonesia Jalin Kerja Sama dengan 7 Perguruan Tinggi China


7 Perguruan Tinggi Indonesia Jalin Kerja Sama dengan 7 Perguruan Tinggi China

Ilustrasi: Para mahasiswa Wuhan University di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China, saat mengikuti perkuliahan. (ANTARA/HO-Xinhua/mii/am)

BEIJING (Pesisirnews.com) - Sebanyak tujuh perguruan tinggi dari Indonesia menggalang kerja sama dengan tujuh perguruan tinggi di Provinsi Shandong, China.

"Mereka telah menandatangani Friendly Cooperation Proposal," kata Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun di Beijing, Selasa.

Ketujuh perguruan tinggi dari Indonesia adalah Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Yarsi, Universitas Negeri Yogyakarta, LSPR, Politeknik Negeri Batam, dan Institut Teknologi Kalimantan.

Sementara tujuh mitranya di Shandong adalah Dezhou University, Shandong University, Ocean University of China, Qingdao University, Taishan University, Universitas Pertanian Qingdao, dan Universitas Kedokteran Weifang.

"Mereka juga telah memberikan paparan terkait kampus masing-masing," kata Dubes.

Sebelumnya, Dubes bersama jajaran pejabat Direktorat Jenderal Pendidikan Provinsi Shandong dan akademisi setempat meresmikan pembentukan Aliansi Kerja Sama Internasional Perguruan Tinggi Indonesia dan Shandong (CIUICA).

Terdapat 50 perguruan tinggi dari Indonesia dan 35 perguruan tinggi dari Shandong yang tergabung dalam aliansi itu.

"Dengan adanya CIUICA ini diharapkan dapat meningkatkan kerja sama pendidikan, pertukaran informasi dan wawasan antar-pelajar serta transfer ilmu dari seluruh program pendidikan," kata Dubes.

(PNC/ANT)

Penulis:

Editor: Anjar