Artikel

Harga Asuransi Mobil di Indonesia per Bulan

pesisirnews.com pesisirnews.com
Harga Asuransi Mobil di Indonesia per Bulan

Ket Foto: Ilustrasi Mobil (Pexels)

Asuransi Mobil Terbaik,bisa diartikan sebagai asuransi yang bisa mengatasi segala jenis kerusakan pada mobil yang Anda miliki. Tidak hanya itu, pihak asuransi juga akan membayar klaim bila sewaktu-waktu nasabahnya mengalami musibah.

Hal Penting yang Harus Anda Pahami Sebelum Membeli Asuransi Mobil All Risk

Kesadaran masyarakat untuk mencegah berbagai risiko terhadap mobilnya saat ini cukup tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya produk asuransi kendaraan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi saat ini. Namun, sebelum Anda mengajukannya, pahami terlebih dahulu beberapa hal berikut agar Anda paham akan harga asuransi mobil all risk ini.

1. Harga Asuransi All Risk Cukup Mahal, Sesuaikan dengan Budget

Sudah bukan rahasia lagi jika harga dari asuransi mobil all risk cukup mahal. Sebab, jenis asuransi yang satu ini diklaim mampu melindungi kendaraan Anda dari segala risiko kerusakan.

Premi asuransinya sendiri berkisar hingga 3,5 persen dari harga kendaraan per tahunnya. Nah, pembayaran asuransi mobil all risk ini biasanya akan dilakukan setahun sekali, dengan melihat harga beli dari mobil tersebut.

Untuk mobil keluaran terbaru dengan harga kisaran 200 juta lebih, maka premi yang wajib dibayarkan sekitar 3 hingga 4 juta per tahunnya. Untuk itu, Anda perlu menyesuaikannya dengan budget terlebih dahulu. Apalagi jika premi bisa mencapai dua kali lipat dari harga mobil TLO.

2. Ada Biaya Own Risk

Perlu Anda ketahui, bahwa tidak secara keseluruhan risiko yang bisa terjadi pada mobil Anda akan dicover oleh pihak asuransi. Terlebih lagi jika menyangkut kelalaian pribadi. Oleh karena itu, jangan kaget apabila sewaktu-waktu Anda diminta untuk membayar sebagian biaya own risk yang sudah ditentukan sebelumnya.

Biaya ini tidak hanya ditujukan bagi para pemegang asuransinya saja, melainkan juga asuransi TLOnya.

3. Bandingkan Harga Produk Asuransi

Harga asuransi mobil all risk ini memang cukup tinggi. Hal inilah yang menjadi bahan pertimbangan bagi setiap orang ketika akan mengajukannya. Dengan begitu, maka Anda perlu menggali informasi yang lebih dalam mengenai perusahaan yang menyediakan produk asuransi tersebut.

Sangat disarankan untuk Anda mencari perusahaan yang memiliki reputasi baik dan memiliki jaringan bengkel yang luas dan terpercaya. Sebab, hal inilah yang nantinya akan mempengaruhi proses klaim yang akan Anda lakukan sewaktu-waktu apabila kendaraan Anda mengalami kerusakan.

Jangan sampai lupa juga untuk membandingkan setiap produk asuransi mobil all risk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransinya. Sebab, hal ini akan memudahkan Anda dalam menentukan produk asuransi mana yang tepat dan sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Harga Asuransi Mobil All Risk

Ada banyak sekali daftar harga dari asuransi mobil all risk ini. Nah, harga dari asuransi mobil ini diatur dalam Surat Edaran OJK Nomor 6/ SEOJK.05/ 2017 yang berisian Penetapan Tarif Premi atau Kontribusi Pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda, dan Asuransi Kendaraan Bermotor.

Untuk menghitung berapa harga asuransi mobil all risk, maka Anda bisa menggunakan metode perkalian. Cara menghitungnya adalah kisaran asuransi dikalikan dengan harga mobilnya. Nah, besaran asuransi ini bisa Anda sesuaikan dengan wilayah dan kategori dari mobil tersebut.

Lantas, bagaimana cara menghitung premi asuransi mobil ini?

Contohnya:

Apabila Anda memiliki mobil seharga 490 juta dengan domisili yang tertera pada KTP adalah wilayah Jakarta. Maka, kendaraan yang Anda miliki termasuk dalam kategori 4, yakni harga mobil diatas 400 juta. Maka, cara perhitungannya adalah sebagai berikut.

1.20% x Rp 490.000.000 = Rp 5.880.000

Nah, besaran harga asuransi mobil all risk ini belum termasuk dengan biaya administrasi, biaya polis, dan lain sebagainya. Dengan begitu, maka tidak mengherankan apabila asuransi all risk ini dianggap memiliki premi yang lebih besar daripada asuransi TLO.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang mencari asuransi mobil yang terbaik, maka Anda bisa memilih Insureka. Dimana di Insureka ini mengutamakan kemudahan bagi para pelanggannya, dan proses klaimnya pun sangat mudah untuk dilakukan.

Di Insureka ini, tentunya Anda akan mendapatkan penawaran terbaik dengan harga premi yang bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan. Jadi, Anda pun akan lebih mudah memiliki asuransi untuk mobil kesayangan.

Penulis: pesisirnews.com