Daerah

Beasiswa Tak Kunjung Cair, DPRD Akan Panggil Kabag Kesra dan Sekda


Beasiswa Tak Kunjung Cair, DPRD Akan Panggil Kabag Kesra dan Sekda
Foto: dika
Mahasiswa saat bertemu dengan anggota DPRD Dumai
PESISIRNEWS.COM, DUMAI - Legislator di DPRD Kota Dumai akan memanggil Kabag Kesra Setdako Dumai dan Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Dumai. Terkait belum ada pencairan dana beasiswa bagi mahasiswa pada 2015.

Demikian ditegaskan Sekretaris Fraksi Partai Gerindra Johannes MP Tetelepta usai menerima kedatangan mahasiswa STAI Tafaqquh Fiddin,di Kantor DPRD Kota Dumai pada Rabu siang kemarin.

“Kami akan pertanyakan kepada Sekdako dan Kabag Kesra Dumai. Kenapa hingga kini beasiswa untuk mahasiswa belum dicairkan,” tegas Johanes yang juga Sekretaris Komisi III DPRD Dumai.

Selain mempertanyakan perihal pencairan beasiswa, pihak dewan juga akan mengklarifikasi seputar teknis pengajuan hingga pemberian beasiswa pendidikan di Pemerintah Kota Dumai.

“Secepatnya akan kita klarifikasi kepada eksekutif,” kata Politisi Partai Gerindra ini di hadapan para Mahasiswa.

Sebelumnya, pada Rabu kemarin, Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam institud Agama Islam Taffaquh Fiddin melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Walikota Jalan Perwira Kelurahan Bagan Besar Kota Dumai.

Kedatangan sekitar 30-an Mahasiswa ini guna menuntut anggaran Beasiswa yang sudah dianggarkan di APBD Dumai 2015 melalui Bagian ADM Kesra Setdako Dumai yang tidak pernah dicairkan sejak 2013 hingga 2015.

Mahasiswa juga meminta klarifikasi dari Pemko Dumai terkait anggaran tersebut. Seperti apa alasan pemerintah tidak mencairkan anggaran tersebut sementara anggaran itu sudah dianggarkan di APBD Dumai.

Dan dalam orasinya, koordinator lapangan Yuri Saukas menduga Pemko Dumai telah melakukan penyimpangan kebijakan terkait bea siswa tahun anggaran 2013 hingga 2015.

Untuk itu, puluhan mahasiswa meminta penegak hukum mengusut tuntas dugaan penyimpangan dana beasiswa Kota Dumai tahun anggaran 2013 hingga 2015.

Selanjutnya, puluhan mahasiswa menuntut pengembalian berkas yang sudah dimasukkan kebagian Kesra serta menuntut ganti rugi pembuatan berkas pengajuan Beasiswa.

“Ini adalah tuntutan kami kepada pemerintah kota Dumai. Dan kami minta agar Penjabat Walikota Dumai dan Kabag Kesra menjawab tuntutan kami,” pintanya.

Aksi Puluhan Mahasiswa disambut oleh Asisten I Setdako Dumai, H Dermawan yang menemui langsung puluhan mahasiswa dipintu masuk kantor walikota Dumai. Namun mahasiswa menolak kehadiran Asisten I, mereka menuntut kehadiran Pj Walikota dan Kabag Kesra.

Menjawab itu, Dermawan mengatakan bahwa Pj walikota saat ini tengah berada di Pekanbaru.

“Namun jika ingin menyampaikan aspirasi bisa menemui Sekda dan Kabag Kesra. Dan saya mengajak rekan-rekan Mahasiswa untuk melakukan dialog di ruang rapat lantai 3 kantor walikota,” kata Dermawan.

Akhirnya puluhan mahasiswa sepakat untuk melakukan dialog bersama Sekdako Dumai dan Kabag Kesra diruang rapat lantai 3 Kantor Walikota Dumai.

Cari berita Kriminal lainnya. Silahkan Klik DISINI / DISINI

 (dcp)
Penulis: