Daerah

Babinsa Koramil Rupat Sigap Padamkan Api yang Membakar Lahan di Desa Sukoharjo Mesim


Babinsa Koramil  Rupat  Sigap Padamkan Api yang Membakar Lahan di Desa Sukoharjo Mesim

RUPAT, Pesisirnews.com - Babinsa sebagai ujung tombak TNI-AD harus selalu tanggap dan sigap setiap ada perkembangan atau kejadian yang berada di wilayah teritorialnya, dan selalu mengedepankan temu cepat serta lapor cepat akibat dampak dari musim kemarau yang panjang.

Seperti hanya yang di lakukan oleh anggota Babinsa Koramil 05/Rupat Kodim 0303/Bengkalis (PPU), bersama dengan tim BPBD mengecek langsung ke lokasi kebakaran lahan kebun dan semak belukar yang berada di RT 02 Rw 01 Dusun 2 Desa Sukarjo Mesim Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, Sabtu (20/2/2021).

Danramil Rupat Kapten Inf Sagino mengatakan: “Menurut keterangan dari salah satu warga pada saat pulang dari kebun tiba-tiba melihat api sudah besar dan belum tahu pasti sumber api dari mana," ujarnya.

Tim gabungan melakukan pemadaman manual pada bara bara api yang masih ada dan pendinginan/clean up di beberapa titik asap yang secara visual masih terlihat dilokasi Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla).

"Saya menghimbau kepada pemilik lahan agar selalu melakukan pengontrolan terhadap lahan miliknya dan juga selalu waspada terhadap ancaman kebakaran dengan keadaan cuaca seperti ini," imbuhnya.

"Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk perhatian Babinsa terkait untuk mengantisipasi dan memastikan terhadap terjadinya kembali kebakaran lahan," pungkas Babinsa Koramil Rupat. (Budi)

Penulis: Budi Haryanto

Editor: Anjar