Daerah

Kapolres Inhil Hadiri Rakor Anev Bencana Hutan dan Lahan

pesisirnews.com pesisirnews.com
Kapolres Inhil Hadiri Rakor Anev Bencana Hutan dan Lahan
INHIL,PESISIRNEWS.COM - Kapolres Inhil AKBP Norhayat menghadiri kegiatan Rapat koordinasi (Rakor) Analisa dan evaluasi (Anev) bencana Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Rabu (17/5), di Aula Kantor Bappeda Inhil.

Rakor Anev Penanggulangan Karhutla tersebut dipimpin Bupati Inhil HM Wardan bersama Kapolres AKBP Norhayat dan Dandim 0314/Inhil diwakili oleh Pasi Pers Letda Arm Muchazzar serta Kajari Inhil Nova Fuspitasari SH MH.

Kapolres Inhil dalam sambutannya menyampaikan bahwa Rakor dan Anev Karhutla kali ini melakukan kerjasama langkah-langkah pencegahan kebakaran hutan dan lahan dengan pihak terkait.

“Kami sudah bekerja maksimal untuk melakukan pencegahan terjadinya karhutla. Terutama Bhabinkamtibmas di desa-desa yang selalu memberikan imbauan dan sosialisasi kepada masyarakat,” ujarnya.

Ia menyebutkan, karhutla di Inhil sejauh ini dapat diatasi berkat kesiapsiagaan dan sinergi antara Polres dengan pemerintah daerah, TNI serta stakeholder terkait.

“Upaya pencegahan dan penanganan karhutla adalah mandat serta tanggung jawab kita bersama, maka perlu dukungan dari semua pihak. Untuk itu, kita perlu selalu siaga apabila sewaktu-waktu terjadi karhutla, sehingga bisa ditangani dengan cepat. Tentunya dengan saling berkoordinasi dan bersinergi. Seperti melakukan patroli bersama, mengecek embung-embung dan sekat kanal,” ungkapnya.

Di samping menggandeng dan tingkatkan koordinasi, komunikasi kerja sama secara proaktif dan kolaboratif dengan semua unsur terkait.

"Kami berharap para kapolsek, camat dan danramil dibantu dengan bhabinkamtibmas, babinsa, kades dan lurah di 20 kecamatan, untuk melakukan upaya preemtif dan preventif dalam penanganan karhutla di Kabupaten Inhil," terangnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kabag Ops Polres Inhil Kompol Rizki Hidayat SE SIK MH, para Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Inhil serta Pimpinan Perusahaan di Inhil.(***).

Penulis: pesisirnews.com