Ekbis

Ini Negara-negara yang Diprediksi Gagal Bayar Utang, Bagaimana dengan Indonesia?


Ini Negara-negara yang Diprediksi Gagal Bayar Utang, Bagaimana dengan Indonesia?

Ilustrasi: Beban utang negara. (Global Finance Magazine)

(Pesisirnews.com) - Sri Lanka menghadapi krisis ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya karena ketidakmampuannya untuk membayar utang luar negerinya. Tetapi krisis ini tidak hanya terjadi di Sri Lanka. Puluhan negara lain berada di ambang jurang maut yang sama.

Melansir Reuters Minggu, bahaya seperti kenaikan harga komoditas, inflasi dan kekacauan di pasar dunia sudah mulai mengintai negara-negara tersebut.

Menurut laporan Reuters, Sri Lanka, Lebanon, Rusia, Belarusia, Suriname dan Zambia berada dalam kondisi ekonomi yang sangat buruk.Negara-negara ini telah menjadi mangkir utang.

Negara-negara ini harus menanggung beban utang sekitar 40 ribu miliar dolar. Dari jumlah ini, hanya Argentina yang harus membayar utang maksimum 15 ribu miliar dolar. Ekuador dan Mesir harus membayar utang sebesar 4000 hingga 4500 juta dolar.

Namun, para ahli mengatakan beberapa negara mungkin dapat menghindari default (ketidakmampuan membayar utang) jika pasar global tenang dan Dana Moneter Internasional (IMF) mendukung mereka. Tetapi risiko tetap ada di beberapa negara.

Reuters telah menyusun daftar 12 negara yang berisiko gagal bayar. Negara-negara tersebut adalah Argentina, Ukraina, Tunisia, Ghana, Mesir, Kenya, Ethiopia, El Salvador, Pakistan, Belarus, Ekuador, dan Nigeria.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar