International

Apakah Lebanon akan Berdamai dengan Israel? Ini Kata Presiden Lebanon Michel Aoun

Anjar Anjar
Apakah Lebanon akan Berdamai dengan Israel? Ini Kata Presiden Lebanon Michel Aoun

Presiden Lebanon Michel Aoun. (Kredit Foto : Reuters)

BEIRUT, Pesisirnews.com - Pasca penandatanganan kesepakatan pemulihan hubungan bilateral antara Uni Emirat Arab (UEA) dan Israel, Kamis (13/8/2020) lalu, merebak berbagai spekulasi di Timur Tengah yang menyatakan UEA terlibat dalam sebuah konspirasi besar bersama Israel dan Amerika Serikat.

Tudingan negatif yang dialamatkan kepada UEA adalah keinginan negara kecil nan kaya itu dapat memiliki pengaruh sektoral yang lebih besar terhadap negara-negara lain yang ada di kawasan Teluk Persia yang terdiri dari Bahrain , Kuwait , Irak, Oman , Qatar, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab sendiri.

Belum reda berbagai spekulasi terhadap normalisasi hubungan UEA-Israel, kini muncul spekulasi baru terkait dengan pernyataan Presiden Lebanon Michel Aoun dalam sebuah wawancara dengan TV Prancis " B F M ", yang disiarkan pada Sabtu (15/8/2020) malam.

Dalam wawancara tersebut Aoun mengatakan bahwa kesepakatan perdamaian negaranya dengan Israel tergantung pada beberapa masalah.

“Kami memiliki masalah dengan Israel, yang harus kami selesaikan terlebih dahulu,” katanya.

Terang saja pernyataan Presiden Lebanon dari "Gerakan Patriotik Bebas" itu menimbulkan polemik baru di kalangan politisi dan masyarakat Timur Tengah karena pernyataannya dianggap “bersayap”.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

loading...