International

AS Bantah Tudingan Bantu Ukraina Rencanakan Pembunuhan Jenderal Rusia


AS Bantah Tudingan Bantu Ukraina Rencanakan Pembunuhan Jenderal Rusia

Pesawat angkut Angkatan Udara AS berada dalam posisi parkir di Pangkalan Udara AS Ramstein, di Landstuhl, Jerman, 3 Mei 2022. (EPA Pic)

WASHINGTON (Pesisirnews.com) - Departemen Pertahanan Amerika Seikat (AS), Kamis, membantah telah memberikan informasi intelijen tentang lokasi para jenderal Rusia di medan perang sehingga pasukan Ukraina dapat membunuh mereka.

Menanggapi laporan New York Times yang meledak-ledak tentang dukungan AS untuk militer Ukraina, Juru Bicara Pentagon John Kirby mengatakan bahwa memang benar bahwa Amerika Serikat memasok pasukan Kyiv dengan intelijen militer untuk membantu Ukraina mempertahankan negara mereka.

"Kami tidak memberikan informasi intelijen tentang lokasi pemimpin militer senior di medan perang atau berpartisipasi dalam keputusan penargetan militer Ukraina," kata Kirby.

Dalam pengungkapan terpisah, media AS melaporkan Kamis malam bahwa Amerika Serikat telah berbagi informasi intelijen yang membantu Ukraina menenggelamkan kapal perang Rusia Moskva bulan lalu, yang merupakan pukulan besar bagi Presiden Vladimir Putin.

Pejabat anonim, dalam sebuah cerita yang pertama kali diterbitkan oleh NBC, mengatakan Ukraina bertanya kepada Washington tentang sebuah kapal yang berlayar di Laut Hitam, yang lokasinya dibantu konfirmasi oleh AS selain mengidentifikasinya sebagai Moskva.

Namun, Amerika Serikat tidak tahu bahwa Ukraina akan menargetkan kapal andalannya, kata para pejabat.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar