International

Inggris Sebut Hanya Ada Kekalahan Rusia di Ukraina pada Peringatan Hari Kemenangan Rusia ke-77


Inggris Sebut Hanya Ada Kekalahan Rusia di Ukraina pada Peringatan Hari Kemenangan Rusia ke-77

Presiden Vladimir Putin menyampaikan pidato pada Hari Kemenangan, yang menandai peringatan ke-77 kemenangan atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia Kedua di Lapangan Merah, Moskow, Senin 9 Mei 2022. (Foto: REUTERS/Evgenia Novozhenina)

MOSKOW (Pesisirnews.com) - Hari ini Senin 5 Mei 2022, Rusia memperingati Hari Kemenangan ke-77 yang menandai kemenangan Uni Soviet pada 9 Mei 1945 atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia Kedua.

Dalam pidato parade kemenangan atas Nazi Jerman di Lapangan Merah, Moskow, Presiden Rusia Vladimir Putin membangkitkan memori kepahlawanan Soviet dalam Perang Dunia Kedua untuk menginspirasi pasukannya berperang di Ukraina.

Berbicara kepada jajaran personel militer, Putin mengutuk apa yang disebutnya ancaman eksternal untuk melemahkan dan memecah belah Rusia, dan bahwa NATO menciptakan ancaman tepat di sebelah perbatasannya.

Dia secara langsung berbicara kepada tentara yang bertempur di wilayah Donbas di Ukraina timur, yang telah dijanjikan Rusia untuk "dibebaskan" dari kendali Kyiv.

"Anda berjuang untuk Tanah Air, untuk masa depannya, agar tidak ada yang melupakan pelajaran dari Perang Dunia Kedua. Agar tidak ada tempat di dunia untuk algojo, pengejar, dan Nazi," katanya seperti dikutip dari Reuters, Senin (9/5).

Setelah mengheningkan cipta selama satu menit, Putin mengatakan: "Kematian setiap prajurit dan perwira kami adalah kesedihan kami bersama dan kehilangan yang tidak dapat diperbaiki untuk teman dan kerabat mereka.”

Putin juga berjanji bahwa negara akan menjaga anak-anak dan keluarga mereka yang gugur dalam medan pertempuran.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar