International

Prancis Sepakat Alih Teknologi dan Bangun Mesin untuk Platform Militer yang Dibuat di India


Prancis Sepakat Alih Teknologi dan Bangun Mesin untuk Platform Militer yang Dibuat di India

Menteri Pertahanan India, Rajnath Singh (Foto: EPS)

NEW DELHI, Pesisirnews.com - Perusahaan pertahanan Prancis terkemuka akan memproduksi mesin untuk platform militer dan alih teknologi ke India sebagai bagian dari usaha patungan dengan perusahaan India di bawah model kemitraan strategis.

Langkah ini bertujuan untuk lebih meningkatkan kerja sama pertahanan antara kedua negara.

Menteri Pertahanan (Menhan) India, Rajnath Singh dalam pidatonya di Kamar Industri India pada Sabtu (18/12) menyambut baik langkah yang disepakati dalam pembicaraan luasnya dengan mitranya dari Prancis, Florence Parly yang dikutip dari newindianexpress.com, Minggu (19/12).

Meski pun Menhan India tidak merinci tentang mesin dan penggunaannya, namun diperkirakan proyek tersebut akan difokuskan pada kebutuhan helikopter militer yang rencananya akan diluncurkan India dalam beberapa tahun ke depan.

Selain helikopter, pembuatan mesin untuk jet tempur juga akan dikerjakan di India di mana proyek mesin sebelumnya telah disetujui oleh Komite Keamanan Kabinet pada tahun 1989, dan terutama diluncurkan untuk program Pesawat Tempur Ringan (LCA) India.

Singh mengadakan pembicaraan dengan Parly pada hari Jumat dengan fokus untuk lebih meningkatkan pengembangan bersama dan produksi bersama dari berbagai platform untuk keperluan militer.

"Ini adalah masalah pembuatan mesin. Saya senang untuk mengatakan bahwa pemerintah Prancis telah setuju bahwa perusahaan besar Prancis akan datang ke India dan memproduksi mesin di sini di bawah kemitraan strategis dengan perusahaan India," katanya saat berbicara dengan Parly.

Rajnath Singh menekankan bahwa India jelas telah mengirimkan pesan ke Amerika Serikat, Rusia, Prancis dan banyak negara mitranya bahwa platform dan peralatan militer yang dibutuhkan oleh angkatan bersenjata India harus diproduksi di India.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar