International

21 Pesawat Tempur China Memasuki Zona Udara Taiwan, Militer Taiwan Bersiap Siaga


21 Pesawat Tempur China Memasuki Zona Udara Taiwan, Militer Taiwan Bersiap Siaga

Militer China telah meningkatkan aktivitas di dekat Taiwan untuk menggarisbawahi klaim kedaulatan Beijing atas Taiwan. (Foto: AP)

TAIPEI (Pesisirnews.com) - Taiwan pada Kamis (2/3) melaporkan masuknya pesawat tempur China dalam jumlah besar ke wilayah pertahanan udara mereka. Ini merupakan hari kedua angkatan udara China memasuki wilayah udara Taiwan dengan skala yang lebih besar.

Kementerian pertahanan Taiwan yang dilansir dari Reuters, Kamis, mengatakan bahwa dalam 24 jam terakhir, pihaknya telah melihat 21 pesawat tempur yang dinilai bagian dari kampanye tekanan militer Beijing terhadap Taiwan.

Taiwan, yang dianggap China sebagai wilayahnya sendiri, selama tiga tahun terakhir mengeluhkan peningkatan aktivitas militer China di dekat pulau itu saat Beijing berusaha untuk menegaskan klaim kedaulatannya.

China mengatakan kegiatannya di wilayah itu dibenarkan karena berusaha mempertahankan integritas teritorialnya dan untuk memperingatkan AS agar tidak "berkolusi" dengan Taiwan, meskipun hal ini menimbulkan kemarahan di Taipei.

Kementerian pertahanan Taiwan mengatakan pesawat itu, terdiri dari 17 pesawat tempur J-10 dan empat pesawat tempur J-16, telah terbang ke sudut barat daya zona identifikasi pertahanan udara Taiwan, menurut peta yang dirilis kementerian itu.

J-10, model pesawat tempur yang lebih tua yang pertama kali memasuki layanan dua dekade lalu, terbang lebih dekat ke pantai China daripada Taiwan, sedangkan J-16, pesawat tempur yang jauh lebih baru dan lebih canggih, terbang di daerah timur laut Taiwan.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar