• Home
  • Kesehatan
  • Meski Terasa Enak, Mengucek Mata Tingkatkan Risiko Masalah Ini

Meski Terasa Enak, Mengucek Mata Tingkatkan Risiko Masalah Ini

admin Jumat, 05 Juli 2019 13:15 WIB
Pesisirnews.com - Kebiasaan mengucek mata selama ini dianggap normal oleh orang-orang. Padahal, aktivitas ini bisa berbahaya apabila dilakukan terus-menerus.

Mengucek mata memang mampu meredakan mata yang sedang lelah. Apalagi, setelah seharian digunakan dengan berat, seperti menatap layar komputer saat bekerja. Hal ini dikarenakan mata biasanya mengering.

Dilansir dari Liputan6.com, namun, menggosok atau mengucek mata bukanlah kebiasaan yang baik. Meskipun, harus diakui perasaan mata lelah akan berkurang sesaat.

"Mengucek bisa menyebarkan air mata di sekitar permukaan mata dan melumasinya. Mendorong kelopaknya melepaskan minyak dari itu dan membuat permukaannya baik dan licin," kata Beeran Meghpara, ahli bedah korena di Wills Eye Hospital, Amerika Serikat, seperti dilansir dari Men's Health pada Jumat (5/7/2019).

Kerusakan pada Kornea

Meski begitu, mengucek mata bisa menyebabkan masalah pada kornea. Meghpara mengatakan, beberapa orang mengalami keratoconus, di mana kornea menjadi lemah.

Kondisi ini menyebabkan kornea melemah, kehilangan bentuknya, hingga gangguan penglihatan. Meski dianggap langka, namun banyak orang mengalaminya.

Selain itu, bahaya lain adalah tekanan pada mata. Risiko glaukoma meningkat menyebabkan rusaknya saraf optik dan potensi kehilangan penglihatan bisa meningkat.

Maka dari itu, ketimbang dikucek, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi mata lelah.

1. Produk Air Mata Buatan

Yang pertama adalah dengan membasahinya dengan air mata buatan. Menurut Meghpara, ini adalah cara termudah. Apalagi produknya ada di mana-mana. Anda bisa memilih mulai dari yang berbentuk cair, gel, hingga salep.

Meski begitu, berhati-hatilah dalam memilih produknya. Selain itu, apabila Anda memiliki kondisi mata kering yang sulit diobati, periksakan segera ke dokter.

2. Kompres Air Hangat

Cara kedua adalah kompres air hangat. Melakukan ini bisa membuat mata terasa lebih segar. Untuk ini, Anda bisa melakukannya di malam hari.

3. Obat Alergi

Cara ketiga adalah dengan obat alergi. Ada kalanya, mata terasa gatal akibat suatu alergi. Selain itu, kondisi tersebut bisa menyebabkan benjolan di bagian dalam kelopak mata.

Mengucek mata hanya membuat kondisi itu jadi lebih parah. Karena itu, gunakan obat alergi untuk membuatnya terasa lebih baik.(dan)
Loading...
Tags KesehatanLife StyleLife-Styleviralwanita

Berita Terkait

Komentar

Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.

FB Comments