Kesehatan

Dampak bagi Kesehatan Menggunakan Ponsel saat di Toilet yang Sering Tak Disadari

Anjar Anjar
Dampak bagi Kesehatan Menggunakan Ponsel saat di Toilet yang Sering Tak Disadari

Ilustrasi: Menggunakan smartphone saat di toilet. (Int)

(Pesisirnews.com) - Sebagian orang mungkin sering menggunakan smartphone ketika di toilet saat sedang buang air besar (BAB).

Kebiasaan yang sepertinya sepele ini ternyata menurut ahli mikrobiologi dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda karena ini kebiasaan yang tidak higienis.

Para ahli mengatakan bagaimana Anda menangani kebersihan secara keseluruhan setelah BAB menjadi faktor perpindahan kuman dari tangan Anda ke layar sentuh di smartphone Anda.

“Jika Anda menggunakan ponsel dengan tangan yang terkontaminasi oleh bakteri feses (kotoran manusia, red), tentu saja mereka berakhir di sana,” kata Markus Egert, Profesor Mikrobiologi dan Kebersihan di Universitas Furtwangen, Jerman seperti dikutip dari theStar, Sabtu.

Namun, jika Anda benar-benar mencuci tangan dengan benar dan bersih usai dari toilet, Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan kuman, bahkan jika Anda menggunakan ponsel saat menggunakannya di toilet.

Ingatlah juga bahwa kuman tidak menyebar melalui udara, kata Egert.

"Udara sekitar di kamar mandi tidak berarti ponsel Anda menghasilkan lebih banyak bakteri daripada biasanya,” katanya.

"Kabar baiknya, permukaan ponsel cerdas Anda tidak menawarkan kondisi yang menjanjikan bagi mikroorganisme untuk berkembang biak karena sangat halus, kering, dan nutrisinya relatif rendah," jelas Egert.

Sarannya adalah pastikan Anda menyeka ponsel cerdas Anda secara teratur, menggunakan kain mikrofiber atau kain yang sedikit lembap, yang dapat menghilangkan sekitar 80 persen hingga 90 persen kuman di layar sentuh.

Halaman :
Penulis: Anjar

Editor: Anjar

mgid.com, 340009, DIRECT, d4c29acad76ce94f