Kesehatan

Otoritas Kesehatan Cina Perkenalkan Tes Swab Covid-19 Lewat Dubur, di Klaim Lebih Efektif


Otoritas Kesehatan Cina Perkenalkan Tes Swab Covid-19 Lewat Dubur, di Klaim Lebih Efektif

Ilustrasi: Tes swab Covid-19. (interestingengineering.com)

BEIJING, Pesisirnews.com - Otoritas kesehatan Cina memperkanalkan tes swab terbaru dengan pengambilan sampel di dubur. Klaim otoritas kesehatan Cina, sampel di dubur pasien lebih efektif dibanding yang berasal dari tenggorokan atau lubang pernafasan.

"Test ini lebih sensitif dibanding (pengembilan sampel) di tenggorokan atau nasal swab. Beberapa pasien tanpa gejala umumnya sembuh lebih cepat sehingga jejak virus mulai hilang di tenggorakan mereka dalam tiga hingga lima hari," ujar Dokter Senior dari Rumah Sakit You'an, Li Tongzeng, seperti dikutip tempo.co dari dari Radio Free Asia, Rabu (27/1/2021).

Tongzeng melanjutkan, penelitian terbaru menunjukkan virus Covid-19 bertahan lebih lama di bagian lubang pembuangan atau dubur. Oleh karenanya, kata ia, dokter-dokter memutuskan untuk mengambil sampel di sana untuk meningkatkan tingkat deteksi plus mengurangi kesalahan diagnosis.

Hal senada disampaikan oleh ahli framasi Beijing, Pang Xinhua. Ia berkata, virus Covid-19 relatif lebih mudah dideteksi pada tinja karena salah satu gejala penularan virus tersebut adalah diare.

"Pengujian berdasarkan sampel lendir di tenggorokan dan lubang pernafasan tidak selalu berhasil," ujar Xinhua menegaskan.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar