Life Style

Studi: Kurang Tidur di Usia 50 Tahun ke Atas Dapat Mempersingkat Rentang Hidup Anda


Studi: Kurang Tidur  di Usia 50 Tahun ke Atas Dapat Mempersingkat Rentang Hidup Anda

Ilustrasi: (GETTY)

(Pesisirnews.com) - Menurut Center for Disease Control, orang dewasa berusia 18-60 tahun membutuhkan setidaknya tujuh jam tidur setiap malam. Seiring bertambahnya usia, jumlah itu meningkat menjadi delapan atau sembilan jam.

Namun, bagi mereka yang berusia 50 tahun ke atas, jika Anda tidak mendapatkan tidur malam yang penuh, Anda mungkin perlu memperhatikan hasil penelitian baru di Inggris yang menemukan bahwa kurang tidur seiring bertambahnya usia dapat mempersingkat rentang hidup Anda.

Peneliti Eropa dari University College London dan Université Paris Cité baru-baru ini menerbitkan studi tersebut dalam Journal of The Public Library of Science - Medicine yang memantau 8.000 pekerja pegawai negeri Inggris pada usia 50, 60 dan 70 tahun selama 25 tahun.

Para peneliti menemukan bahwa durasi tidur yang pendek dikaitkan dengan timbulnya penyakit kronis dan multimorbiditas. Durasi tidur pendek yang dijelaskan dalam penelitian ini setara dengan lima jam atau kurang tidur per malam.

Para peserta yang tidak mendapatkan istirahat malam penuh ditemukan berisiko lebih tinggi terkena berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, depresi, kanker atau diabetes.

Peserta yang tidur lima jam semalam dibandingkan dengan mereka yang berusia sama yang tidur tujuh jam semalam ditemukan 30 persen lebih mungkin untuk mengembangkan satu atau lebih dari penyakit kronis ini.

Peserta yang berusia lebih dari 50 tahun menemukan risiko penyakit kronis meningkat seiring bertambahnya usia.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar