Nasional

Kabar Bahagia Buat ASN: Menkeu Sri Mulyani Pastikan Gaji ke-13 Cair Awal Juli


Kabar Bahagia Buat ASN: Menkeu Sri Mulyani Pastikan Gaji ke-13 Cair Awal Juli

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. 

JAKARTA (Pesisirnews.com) - Kabar yang dinanti-nantikan Aparatur Sipil Negara (ASN) terkait kapan pencairan gaji ke-13 tahun 2022 akhirnya memperoleh kepastian. Hal itu diungkap Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati yang memastikan akan mencairkan gaji ke-13 bagi ASN dan pensiunan pada awal Juli 2022.

“Pemberikan gaji ke-13 diatur melalui Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2022. Disesuaikan dengan situasi perbaikan pemulihan ekonomi serta kesehatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN),” kata Sri Mulyani dalam pernyataan persnya, Selasa (28/6).

Menurut Menteri Keuangan, gaji ke-13 diberikan sebesar gaji/pensiun pokok dan tunjangan yang melekat pada gaji/pensiun pokok. Tunjangan yang dimaksud tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan struktural/fungsional/umum. Dan ditambah 50 persen tunjangan kinerja per bulan bagi yang mendapatkan tunjangan kinerja.

“Jadi perbedaan dari tahun 2021 adalah gaji ke-13 tahun ini ditambah dengan 50 persen tunjangan kinerja per bulan,” kata Sri Mulyani.

Sedangkan bagi Pemerintah Daerah, paling banyak 50 persen tambahan penghasilan dengan memperhatikan kemampuan kapasitas fiskal daerah dan sesuai peraturan perundang-undangan.

Gaji ke-13 tahun 2022 diberikan pada seluruh aparatur sipil negara dan pensiunan. Terdiri dari aparatur sipil negara pusat sebanyak 1,79 juta pegawai, aparatur sipil negara daerah sebanyak 3,65 juta pegawai, dan pensiunan sebanyak 3,32 juta orang.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar