Nasional

Mendikbud Nadiem Makarim Intruksikan Pemda Kalau Ada Sekolah Mewajibkan Siswi Berhijab “ COPOT”

pesisirnews.com pesisirnews.com
Mendikbud Nadiem Makarim Intruksikan Pemda  Kalau Ada Sekolah Mewajibkan Siswi Berhijab “ COPOT”

Mendikbud Nadiem Makarim. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)


PESISIRNEWS.COM" Laporan terkait polemik di SMK 2 Padang Sumatera Barat tentang para Siswa Non Muslim yang mewajibkan memakai busana muslim atau jilbab saat kegiatan belajar mengajar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim langsung mengambil tindakan setelah menerima laporan.

Seperti di beritakan Merdeka.com -"Sejak menerima laporan, Kemendikbud telah berkoordinasi dengan pemda untuk segera mengambil tindakan tegas. Saya mengapresiasi gerak cepat pemda terhadap pihak yang melakukan pelanggaran," ujar Nadiem dalam keterangannya, Minggu (24/1).

Nadiem meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) untuk memberikan sanksi terhadap pihak yang terbukti melakukan pelanggaran tersebut. Bahkan, Nadiem meminta sanksi pencopotan jabatan diberikan kepada pihak yang terbukti terlibat.

"Selanjutnya saya meminta pemerintah daerah sesuai dengan mekanisme yang berlaku segera memberikan sanksi tegas atas pelanggaran disiplin bagi seluruh pihak yang terbukti terlibat. Termasuk kemungkinan menerapkan pembebasan jabatan, agar permasalahan ini jadi pembelajaran kita bersama ke depan," kata Nadiem.

Dia menegaskan, kewajiban penggunaan jilbab dalam sekolah merupakan bentuk pelanggaran. Dalam Pasal 55 UU 39 tahun 1999 tentang hak asasi manusia disebutkan setiap anak berhak beribadah menurut agamanya, berfikir, dan berekspresi sesuai dengan tingkat intelektualitas dan usianya di bawah bimbingan orang tua atau wali.

Halaman :
Penulis: pesisirnews.com

loading...