Tekno

Mengenal Apa Itu Starlink?


Mengenal Apa Itu Starlink?

Ilustrasi: Satelit orbit rendah penyedia jaringan internet Starlink. (Kredit via Forbes)

(Pesisirnews.com) - Di negara-negara Barat, Starlink kini semakin populer sebagai salah satu penyedia jaringan internet berkecepatan tinggi.

Untuk diketahui, Starlink adalah nama jaringan dari sekitar tiga ribu satelit kecil yang saat ini berada di orbit rendah Bumi.

Menurut lisensi Universal Telecommunications Union, Starlink dapat mengirim hingga 12 ribu satelit kecil ke orbit Bumi.

Pemerintah Amerika, atas nama perusahaan "SpaceX", yang mengimplementasikan proyek ini, telah meminta World Telecommunication Union untuk mengeluarkan lisensi untuk 30.000 satelit lainnya.

Satelit kecil ini tidak mirip dengan satelit biasa dan sebenarnya berupa kotak kecil untuk menerima dan mengirim sinyal satelit.

Tujuan dari proyek Starlink adalah untuk dapat mencakup seluruh planet dengan jaringan internet. Pemerintah Amerika juga berpartisipasi dalam pengembangan proyek ambisius ini dengan menghabiskan hampir satu miliar dolar.

Salah satu manfaat pertama Starlink untuk Amerika Serikat adalah sekarang dimungkinkan untuk mengakses Internet di seluruh negeri - bahkan di daerah pedesaan yang paling terpencil.

Ini berarti bahwa bahkan di tempat-tempat di mana perusahaan telekomunikasi tidak menyediakan Internet berkecepatan tinggi karena berbagai alasan, warga dapat terhubung ke Internet dengan membayar biaya Starlink.

Pada langkah kedua, Starlink beralih ke penyediaan layanan Internet ke negara lain untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan dan mencapai tingkat yang menguntungkan melalui peningkatan pelanggan.

Untuk alasan ini, pada langkah selanjutnya, sekitar 40 negara di dunia - terutama negara-negara Eropa dan bagian padat penduduk Australia - juga dicakup oleh Starlink, dan misalnya, di Inggris, Anda sekarang dapat terhubung ke Internet melalui Starlink.

Salah satu tujuan besar perusahaan ini adalah untuk menyediakan internet seluler, yang belum terwujud. Perusahaan mengatakan bahwa bahkan mereka yang membeli peralatan dan membayar biaya bulanan akan memiliki akses ke Internet hanya di mana peralatan akan dipasang.

Tentu saja, dalam waktu singkat Starlink Internet diluncurkan, beberapa orang telah memasang "Terminal Starlink" di kapal atau mobil caravan (RV) dalam bentuk uji dan mereka mengatakan bahwa mereka masih memiliki akses ke Internet dalam beberapa kasus. Namun, layanan on-the-go belum secara resmi dimulai, dan layanan Starlink terbatas pada mobil dan kapal.

Starlink saat ini bukan satu-satunya internet satelit yang dapat dibeli di negara-negara Barat. Tapi itu bukan hanya yang paling terkenal di antara mereka, di mana Starlink berkembang dengan kecepatan yang cukup besar dibandingkan dengan pesaingnya di pasar Internet satelit dan telah berhasil menarik investasi besar, baik dari sektor swasta maupun pemerintah/

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar