Daerah

Kadis DLH Kampar Tekankan Fakta Integritas Kepada Petugas Kebersihan


Kadis DLH Kampar Tekankan Fakta Integritas Kepada Petugas Kebersihan

Kampar, Pesisirnews.com - Petugas kebersihan-penyapu jalan DLH kampar Tekan Fakta Integritas.

Fakta integritas, biasanya dilakukan terhadap pejabat yang melaksanakan kebijakan,umpamanya kepala dinas bupati atau gubernur, umpama untuk anti korupsi.

Namun yang dilakukan oleh DR.Aliman makmur, yang jebolan Economic Faculty-OYA-University Utara Malaysia(UUM) ini dilakukan terhadap pekerja penyapu jalan/thl kebersihan kab. Kampar, suatu hal aneh yang lazim dilakukan.

Saat di tanya kok, pakai fakta integritas, Aliman dengan polos mengatakan bahwa fakta integritas itu adalah berisi janji luhur dan mulia dari seorang petugas kebersihan pada dirinya sendiri.

Untuk mewujudkan kampar bersih, sebagai mana yel-yel mereka " Kampar" bersih-bersih tiga kali, Kemudian Fakta integritas ini juga janji luhur untuk mengumpulkan sampah biji-bijian, buah-buahan bahan yang nantinya dibibitkan di areal pembuangan sampah dengan target bibit yang tumbuh dan siap tanam, dan nantinya akan dibagikan secara gratis untuk masyarakat di 250 desa se kabupaten kampar tahun 2019.

Biji buahan dengan pola pemberdayaan, dimana seorang petugas mengumpul bibit 30 biji per hari selama 180 hari dengan jumlah thl, 234 orang ini insya Allah akan terkumpul lebih dari 1 juta biji tanaman; dan dikecambahkan/disemaikan pada areal Tps sampai ketinggian 25 cm up dan siap untuk dibagikan kepada masyarakat secara gratis.

Sampah biji-bijian, buah-buahan seperti biji durian, biji nangka, biji pokad, biji lengkeng, biji tampu dan biji matoa serta biji lainnya.

Hasil yang akan diharapkan pertama dari sisi lingkungan hidup yaitu menjadi peneduh dan penghasil oksigen serta dari sisi ekonomi ada buah dan kayu nantinya," tutup Aliman Makmur. (wan)

Penulis: admin