Daerah

Wabup Bengkalis Bagus Santoso Temui Petani Sambil Ikut Memanen Cabe

Anjar Anjar
Wabup Bengkalis Bagus Santoso Temui Petani Sambil Ikut Memanen Cabe

BENGKALIS, Pesisirnews.com - Di Ladang Cabe Merah Desa Palkun, Kecamatan Bengkalis, Wakil Bupati (Wabup), H Bagus Santoso, temu ramah bersama petani dan sejumlah masyarakat Desa Palkun, Selasa (18/5/2021).

Temu ramah sambil mengikuti Panen Raya Cabe Merah ini turut dihadiri Anggota DPRD Bengkalis, H Zamzami, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Bengkalis, H Heri Indra Putra, Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkalis, Hj Siti Aisyah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, H Imam Hakim, Sekretaris Dinas Pertanian H Tarmizi.

Kemudian Kepala Dinas Litbang, Dahen Tawakkal, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, H Indra Gunawan, Kepala Dinas Sosial, Hj Martini, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik, Johansyah Syafri, Camat Bengkalis Ade Suwirman, Kades Palkun, Syamsul dan Kades Sekodi, Zamri.

Dalam kesempatan sangat akrab antara pemimpin dan raknya itu, Wabup Bagus Santoso memberikan kesempatan kepada masyarakat maupun petani untuk menyampaikan keluhan atau harapannya kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis yang saat ini dipimpin oleh pasangan Kasmarni Bagus Santoso (KBS).

Salah seorang warga yang juga Petani Cabe Merah, Toni kala itu mengaku butuh dukungan pemerintah untuk menggarap lahan lebih mudah. Karena lahan yang seluas 1 hektar lebih dengan 14.000 batang cabe merah ini ditanam memberdayakan setempat masih menggunakan alat secara manual.

“Kiranya pemerintah bisa membantu kami untuk memberikan sarana pertanian seperti mesin hand traktor dan peralatan pendukung lainnya,” ujar Toni singkat dihadapan Wabup dan para pejabat serta kelompok petani.

Terkait hal itu, Wabup langsung menanggapi dan menanyakan kepada Sekretaris Dinas Pertanian bagaimana para petani bisa mendapatkan alat dukung pertanian yang dimaksud.

“Insya Allah, Pak Wabup. Nanti mudah-mudahan kita bisa menjalin kerja sama yang baik dengan Anggota DPRD Bengkalis untuk menganggarkan bantuan peralatan pertanian ini. Namun untuk tahun ini jika memang diperlukan segera dapat pinjam pakai di Lapor Pertanian kita di Pematang Duku. Bisa koordinasi kesana,” jawab Tarmizi.

Kemudian, terkait akses jalan poros yang masih memprihatinkan dan menjadi kendala masyarakat untuk membangkitkan ekonomi, seperti mengantar hasil pertanian ke pasar Bengkalis, Wabup menyampaikan bahwa tahun ini akan kembali dilanjutkan dengan anggaran sekitar Rp 28 milyar, dan kemudian dijelaskan Anggota DPRD Bengkalis, H Zamzami.

“Kita telah mengesahkan peningkatan jalan Kanjau menuju Kelemantan sebesar Rp 14 milyar dan dari Kelemantan ke Sekodi sebesar Rp 14 milyar. Jadi khusus untuk wilayah timur ini, Rp 28 milyar kita siapkan untuk peningkatan jalan yang dikerjakan tahun ini,” ujar Zamzami

Ia juga menyebutkan untuk tahun 2022 juga telah disusun rencana kerja pembangunan di tahun depan. Dan kembali memprioritas peningkatan jalan poros hingga ke ujung Sekodi.

Selanjutnya, Wabup Bagus Santoso juga mendapat permintaan dari masyarakat untuk mengadakan tiang listrik di salah satu jalan di Desa Palkun dan disambut baik oleh Wabup.

“Terkait tiang listrik ini nanti kita sampaikan ke Manajer PLN Bengkalis. Beliau sahabat kita. Kepada Pak Kades mohon nanti disiapkan lagi proposalnya dan sampaikan tembusan ke Bupati dan Ketua DPRD Bengkalis,” terang Wabup.

Seperti biasanya Wabup yang suka keliling kampung menemui masyarakatnya mendapat sambutan hangat dan diajak mampir ke beberapa rumah warga yang suka cita menunggunya. (DISKOMINFOTIK)

Penulis: Budi Haryanto

Editor: Anjar

mgid.com, 340009, DIRECT, d4c29acad76ce94f
loading...
loading...