Ekbis

Bos Facebook Jadikan 2023 sebagai Tahun Efisiensi dengan Rencanakan PHK 10.000 Karyawan


Bos Facebook Jadikan 2023 sebagai Tahun Efisiensi dengan Rencanakan PHK  10.000 Karyawan

Ilustrasi: Logo bisnis Meta Platforms. (File Foto: Reuters/Yves Herman)

CALIFORNIA (Pesisirnews.com) - Platform induk Facebook Meta mengatakan pada Selasa, akan kembali memangkas 10.000 karyawannya dalam waktu dekat.

Pemangkasan ini dilakukan hanya empat bulan setelah sebelumnya Meta melepaskan 11.000 karyawan, dan menjadi Perusahaan Teknologi Besar pertama yang mengumumkan putaran kedua PHK massal.

"Kami berharap untuk mengurangi ukuran tim kami sekitar 10.000 orang dan menutup sekitar 5.000 posisi terbuka tambahan yang belum kami pekerjakan," kata kepala eksekutif Mark Zuckerberg melalui seorang staf dalam sebuah pesan kepada Reuters, yang dikutip Rabu.

Dia menambahkan: "Garis waktu kami untuk tim internasional juga akan terlihat berbeda, dan pemimpin lokal akan menindaklanjuti dengan lebih detail."

Menurut perusahaan tersebut, PHK adalah bagian dari restrukturisasi yang lebih luas di Meta, yang akan membuat perusahaan meratakan struktur organisasinya, membatalkan proyek dengan prioritas lebih rendah, dan mengurangi tingkat perekrutannya sebagai bagian dari langkah itu.

Kabar efisiensi tersebut membuat saham Meta naik 2 persen dalam perdagangan premarket.

Langkah ini menggarisbawahi dorongan bos Facebook, Zuckerberg, untuk mengubah 2023 menjadi "Tahun Efisiensi" dengan pemotongan biaya yang dijanjikan sebesar US$5 miliar dari biaya operasional antara US$89 miliar dan US$95 miliar.

Meta menunda pengaturan anggaran tim karena induk Facebook merencanakan putaran baru PHK setelah Meta memangkas 11.000 karyawan dan berhasil memasukkan lebih banyak uang ke dalam metaverse.

Perekonomian yang memburuk telah menyebabkan serangkaian pemutusan hubungan kerja massal di seluruh perusahaan Amerika seperti yang dilakukan Bank Wall Street, Goldman Sachs dan Morgan Stanley hingga perusahaan Teknologi Besar termasuk Amazon.com dan Microsoft.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar