International

Hindari Eskalasi Rusia, PM Kanada Tolak Zona Larangan Terbang di Wilayah Udara Ukraina


Hindari Eskalasi Rusia, PM Kanada Tolak Zona Larangan Terbang di Wilayah Udara Ukraina

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

OTTAWA, Pesisirnews.com - Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau mengatakan dia terpaksa menolak permintaan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk mengesahkan zona larangan terbang di atas wilayah udara Ukraina dengan alasan kekhawatiran akan memicu eskalasi yang lebih besar dari pasukan Rusia.

Berbicara kepada CTV National News Chief Anchor dan Senior Editor Lisa LaFlamme, Trudeau mengkonfirmasi Zelensky memintanya secara langsung untuk menerapkan zona larangan terbang di atas Ukraina selama panggilan telepon Kamis.

Trudeau menyebut permintaan itu dan tanggapan yang dihasilkan "memilukan," mencatat bahwa Zelensky telah meminta zona larangan terbang selama "berhari-hari."

"Ini adalah sesuatu yang menyayat hati. Harus dikatakan kami dapat melakukan banyak hal untuk mendukung, tetapi risiko eskalasi, risiko penyebaran ... melibatkan NATO dalam konflik langsung jika kami mengirim pesawat NATO ke Ukraina untuk menembak jatuh pesawat Rusia," kata Trudeau.

"Kami bisa melakukan banyak hal dan kami melakukan semua yang kami bisa. Tapi kita tidak bisa melakukan itu."

Ada seruan terus-menerus agar NATO memberlakukan zona larangan terbang di atas Ukraina sejak invasi Rusia ke negara itu meskipun penolakan berulang kali terhadap gagasan itu oleh para pemimpin barat yang khawatir akan memicu perang yang lebih luas di Eropa.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar