International

Pemerintah AS Setujui Penjualan Senjata Senilai Rp 9,4 Triliun ke Taiwan


Pemerintah AS Setujui Penjualan Senjata Senilai Rp 9,4 Triliun ke Taiwan

Ilustrasi: Bendera Taiwan dan AS sebagai simbol hubungan bilateral antar kedua negara. (Int)

WASHINGTON, DC (Pesisirnews.com) - Pemerintah Amerika Serikat (AS) telah menyetujui penjualan senjata ke Taiwan sebesar $ 619 juta atau sekitar Rp 9,4 triliun berupa amunisi untuk jet tempur F-16. Pentagon pada Rabu mengumumkan langkah ini kemungkinan besar akan membuat Beijing marah.

Paket tersebut mencakup 100 AGM-88B High Speed Anti Radiation Missiles (HARM), 200 AIM-120C-8 Advanced Medium Range Air-to-Air Missiles (AMRAAM), dan peluncur serta rudal dummy untuk pelatihan, kata Pentagon dalam sebuah pernyataan yang dikutip AP, Kamis.

“Penjualan tersebut akan meningkatkan kemampuan Taiwan untuk menyediakan pertahanan wilayah udaranya, keamanan regional, dan interoperabilitas dengan Amerika Serikat,” lanjut pernyataan itu.

Pengumuman itu muncul di tengah meningkatnya ketegangan antara AS dan China atas Taiwan, serta jatuhnya balon bulan lalu di wilayah udara AS yang menurut Washington adalah perangkat mata-mata China.

Taiwan telah memerintah sendiri selama lebih dari tujuh dekade, tetapi Beijing menganggapnya sebagai provinsi pemberontak.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan secara terpisah bahwa penjualan itu konsisten dengan Undang-Undang Hubungan Taiwan.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar