International

Mengejutkan! CIA Ungkap Niat China Menginvasi Taiwan yang Batal karena Hal Ini


Mengejutkan! CIA Ungkap Niat China Menginvasi Taiwan yang Batal karena Hal Ini

Presiden China Xi Jinping memegang senapan serbu QBZ. (Int)

WASHINGTON, DC (Pesisirnews.com) - Taiwan telah menerima banyak dukungan resmi Amerika untuk demokrasi dan dalam menghadapi unjuk kekuatan Beijing, yang mengklaim Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya.

Pejabat tinggi intelijen AS (CIA), William Burns, dalam sebuah wawancara televisi yang ditayangkan pada hari Minggu, menekankan bahwa Amerika harus menganggap ambisi Xi untuk mengendalikan Taiwan “dengan sangat serius”.

William Burns, selaku Direktur CIA, menyebut bahwa ambisi (invasi ke Taiwan) itu, bagaimanapun akan membawa pada konflik militer yang tak terhindarkan.

“Kami tahu, seperti yang telah dipublikasikan, bahwa Presiden Xi telah menginstruksikan PLA, dan kepemimpinan militer China, untuk bersiap pada tahun 2027 untuk menyerang Taiwan, tetapi itu tidak berarti bahwa dia memutuskan untuk menginvasi pada tahun 2027 atau tahun lainnya juga," kata Burns kepada CBS "Face the Nation."

Burns mengatakan dukungan dari AS dan sekutu Eropa untuk Ukraina setelah invasi Presiden Rusia Vladimir Putin ke negara itu mungkin bertindak sebagai pencegah potensial bagi pejabat China untuk menginvasi Taiwan pada saat ini.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar