Tekno

Bikin Kecanduan, TikTok akan Batasi Waktu Penayangan untuk Pengguna di Bawah 18 Tahun


Bikin Kecanduan, TikTok akan Batasi Waktu Penayangan untuk Pengguna di Bawah 18 Tahun

Ilustrasi: Remaja bermain TikTok. (Foto: Envato Elements)

PARIS (Pesisirnews.com) - TikTok pada hari Rabu mengatakan akan membatasi waktu tayang harian otomatis selama satu jam untuk akun milik pengguna di bawah 18 tahun.

Kebijakan itu diambil TikTok karena platform media sosial asal China itu menghadapi kritik atas kecandua para pengguna di kalangan anak muda berusia 18 tahun ke bawah, yang menghabiskan waktu mereka bermain TikTok berdasarkan algoritma.

Nantinya para pengguna muda itu harus memasukkan kode sandi untuk terus menonton setelah 60 menit dan mereka yang berusia di bawah 13 tahun memerlukan orangtua atau wali untuk mengatur atau memasukkan kode sandi supaya mereka bisa mendapat tambahan waktu selama 30 menit, kata TikTok.

Aplikasi berbagi video pendek itu mengatakan perubahan akan diterapkan dalam beberapa minggu mendatang.

Jika akses anak muda ke TikTok melalui akun pasangan keluarga, orangtua dapat mengatur waktu layar maksimum untuk anak mereka berdasarkan hari dalam seminggu, tambah TikTok.

TikTok versi Cina, Douyin, dibatasi hingga 40 menit penggunaan sehari-hari untuk anak di bawah 14 tahun dan tidak dapat diakses antara pukul 22.00 dan 06.00 waktu setempat.

Fitur baru ini menambah langkah-langkah yang ada untuk mengontrol waktu layar anak muda seperti prompt yang diperkenalkan tahun lalu, yang mendorong remaja untuk mengaktifkan manajemen waktu layar dan pemberitahuan kotak masuk mingguan yang meringkas waktu layar pengguna.

Tetapi pengguna muda masih dapat membatalkan pilihan fitur batas waktu atau berbohong tentang usia mereka, seperti pada platform lain.

Halaman :
Penulis:

Editor: Anjar