Ekbis

Pemko Dumai Bentuk Komite Percepatan Pembangunan Ekonomi Daerah


Pemko Dumai Bentuk Komite Percepatan Pembangunan Ekonomi Daerah
Internet
DUMAI, PESISIRNEWS.COM - Pemerintah Kota Dumai telah menyiapkan langkah penanganan hambatan laju pertumbuhan ekonomi daerah untuk kepentingan kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat. Salah satu langkahnya yakni membentuk Komite Percepatan Pembangunan Ekonomi Daerah.

" Salah satu langkah penanganan hambatan laju pertumbuhan ekonomi daerah yakni pemerintah telah membentuk Komite Percepatan Pembangunan Ekonomi Daerah yang akan bekerja memetakan persoalan ekonomi saat ini," ujar Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Dumai Marjoko Santoso, belum lama ini.

Selain itu, Komite juga sebagai bentuk kesiapan daerah dalam menghadapi sejumlah agenda pasar ekonomi nasional dan internasional yang sudah direncanakan.

" Komite ini himpunan dari berbagai unsur yang akan membahas persoalan ekonomi untuk menekan dampak buruk bagi daerah dan masyarakat," ujarnya.

Diterangkan Marjoko, sejumlah persoalan ekonomi yang terjadi seperti angka pengangguran tinggi dan rancangan tata ruang wilayah belum ada dan sektor investasi daerah yang terhambat.

Kendati pertumbuhan ekonomi Dumai termasuk tinggi dibanding daerah lain di Provinsi Riau, namun mantan Kepala Dinas Kesehatan Dumai ini meyakini tetap akan terkena imbas kondisi perekonomian nasional yang melesu saat ini.

" Kita harus bersiap menghadapi kondisi ekonomi nasional saat ini yang tentu saja akan berimbas ke daerah," sebutnya.

Untuk itu, Marjoko berharap komite terdiri unsur pemerintah, BUMN, swasta, lembaga non pemerintah dan media massa ini bisa menciptakan terobosan percepatan pertumbuhan ekonomi dan menanggulangi hambatan yang terjadi.

Kemudian, mampu menekan laju angka kemiskinan dan pengangguran daerah serta bisa memajukan taraf hidup sejahtera masyarakat umum.

" Komite juga akan menyiapkan rencana aksi daerah untuk melakukan penataan perekonomian daerah supaya dapat tumbuh dengan baik dan pesat," terangnya mengakhiri. (dcp)

(rio)
Penulis: